• Nusa Tenggara Timur

Labuan Bajo, Tuan Rumah Kongres Polwan Internasional

Imanuel Lodja | Rabu, 16/06/2021 18:20 WIB
Labuan Bajo, Tuan Rumah Kongres Polwan Internasional Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Johni Asadoma bersama tim saat bertemu Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif, SH, di Mapolda NTT membahas rencana Kongres Polwan Internasional di Labuan Bajo bulan September 2021.

katantt.com--Labuan Bajo, ibukota Kabupaten Manggarai Barat, NTT menjadi tuan rumah Kongres Polwan Internasional (International Association of Woman Police/IAWP Conference) September 2021 mendatang.

Kegiatan ini dihelat selama satu pekan mulai 3-10 September 2021 ini menjadi sejarah karena Indonesia merupakan
negara Asia pertama yang menjadi tuan rumah konferensi Polwan

Pada event tersebut akan berkumpul ratusan polisi wanita (Polwan) Polri maupun dari luar negeri.

Selain dilakukan secara offline, kegiatan ini pun dilakukan secara online.

Dalam kaitan dengan persiapan event internasional ini, Divhubinter Polri selaku penanggungjawab kegiatan melakukan pengecekan dan kesiapan sarana dan prasarana serta penanganan Covid-19.

Rombongan Divisi Hubinter Polri dipimpin Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, MHum, Brigjen Pol Dr. Juansih, Dra, SH,MHum, Kombes Pol Yuli Cahyanti,SS, MSi, Kombes Pol Tommy Aria Dwianto, SIK dan sejumlah perwira Polri.

Rombongan meninjau lokasi kegiatan dan hotel-hotel di Kota Labuan Bajo serta menemui Bupati Manggarai Barat.

Secara maraton pada Rabu (16/6/2021), tim bertemu Gubernur NTT, Viktor B Laiskodat di kantor Gubernur NTT dan Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH, M.Hum di Mapolda NTT.

Kadivhubinter Polri, Irjen Pol Drs Johni Asadoma, M.Hum usai pertemuan mengaku kedatangannya bersama tim guna melakukan survei terkait kegiatan berskala internasional ini.

Saat bertemu bupati Manggarai Barat di Labuan Bajo, tim memaparkan rencana kegiatan dan meminta informasi tentang perkembangan covid di Labuan Bajo.

Tim ingin memastikan angka penyebaran Covid-19 di Labuan Bajo.

"Tenyata (angkanya) sudah menurun. Vaksinasi sudah gencar dilakukan," tandas Johni Asadoma.

Pihaknya berharap pada bulan September 2021 mendatang, Covid-19 sudah menurun.

Hal yang sama disampaikan saat rapat dengan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif termasuk membahas masalah keamanan selama pelaksanaan kegiatan.

Mantan Waka Polda Sulawesi Utara ini memastikan bahwa semua pihak baik pemerintah daerah, masyarakat, pelaku usaha dan aparat keamanan mendukung penuh pelaksanaan kegiatan tersebut.

"Kita mendapat dukungan yang luar biasa," ujarnya.

Selama sepekan di awal bulan September 2021, perwakilan Polwan dari seluruh indonesia dan berbagai negara akan ambil bagian dalam kegiatan ini.

Rencananya hadir pula para pembicara mulai dari menteri, pembicara nasional, pembicara internasional dan perwakilan PBB.

Kegiatan juga diisi dengan parade pawai keliling, tour ke sejumlah pulau dan lokasi wisata, pameran eksibisi dan kegiatan lainnya.

Diharapkan kegiatan ini akan menggairahkan dan meningkatkan kapasitas Polwan Polri sehingga bisa berkarier di tingkat nasional dan internasional.

"Banyak narasumber dari luar negeri dan dalam negeri.yang berkompeten sehingga bisa meningkatkan kapasitas Polwan kita," ujarnya.

Moment internasional ini pun diharapkan membangkitkan ekonomi masyarakat dan pariwisata daerah sehingga memberi kesejahteraan bagi masyarakat dan daerah.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH MHUm juga mendukung penuh kegiatan ini.

"Kita pasti dukung penuh dan akan menjadi tuan rumah yang baik memberikan yang terbaik.

Segala persiapan sudah kita lakukan bersama pemerintah dan masyarakat," tandas jenderal polisi bintang dua ini.

 

FOLLOW US