• Nusa Tenggara Timur

Pariwisata NTT Setara dengan Pariwisata Dunia

Semy Andy Pah | Jum'at, 21/05/2021 20:07 WIB
 Pariwisata NTT Setara dengan Pariwisata Dunia Viktor Bungtilu Laiskodat

katantt.com--Provinsi Nusa Tenggara Timur termasuk salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kekayaan alam dan budaya sehingga bisa disejajarkan dengan pariwisata dunia.

"Secara kasat mata jelas VBL, keindahan alam dan budaya NTT cukup kaya dan mampu disandingkan dengan pariwisata dunia," kata Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Kamis (19/05/2021) malam.

Ia mencontohkan, NTT sendiri memiliki satu-satunya binatang purba bernama Komodo, selain itu NTT memiliki banyak tempat eksotik yang dapat menjadi daya tarik, seperti halnya banyak daerah di Indonesia.

"Karena itu kita patut bangga sebagai bangsa Indonesia yang memiliki keragaman budaya," ujar VBL pada Malam Anugerah Pesona Indonesia ke-5 tahun 2020 yang diselenggarakan di Inaya Hotel, Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Ia berharap ke depan Anugerah Pesona Indonesia dapat mengikutsertakan dan memberikan penghargaan bagi lebih banyak pariwisata di Indonesia.

Orang nomor satu di NTT ini mengakui jika bicara tentang pariwisata memang tak mudah apalagi bagi Provinsi NTT.

Keragaman inilah yang harus disyukuri bukan malah dipersoalkan dengan stempel-stempel perbedaan.

Karena perbedaan membuat kita kaya dan sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan sebagai jati diri Indonesia.

Chairman API, Hiro Kristianto mengatakan Anugerah Pesona Indonesia merupakan ajang apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Kegiatan yang sudah dimulai sejak tahun 2016 ini telah berhasil mengangkat dan mempromosikan lebih dari 700 destinasi dan produk pariwisata di seluruh Indonesia.

Pada penyelenggaraan tahun 2020 ini tercatat lebih dari 890 ribu votes yang masuk dan hampir 7 juta tautan pemberitaan tentang nominasi ataupun kegiatan API pada pencarian google.

Pada tahun ini, bermunculan lebih banyak nominasi dan juara baru dari seluruh Indonesia.

Bukti bahwa Indonesia memiliki banyak sekali kekayaan pariwisata baik dalam bentuk keindahan dan keajaiban alam, kuliner, sejarah maupun budaya.

Sementara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno mengatakan bahwa API merupakan sebuah ajang nasional yang diselenggarakan untuk memberikan penghargaan bagi industri pariwisata Indonesia.

Menurut Sandiaga, tercatat ada 34 juta tenaga kerja di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang tedampak pandemi.

"Kita harus optimis untuk bangkit, survive, revive dan thrive, bertahan, mengambil peluang dan menjadi pemenang," ujarnya.

Khususnya dalam menjawab tantangan pandemi Covid-19, Kemenparekraf mendorong pelaku pariwisata untuk terus bangkit dan menerapkan strategi inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

Tiga pilar strategi tersebut diimplementasikan dalam berbagai hal antara lain berinovasi dalam mengembangkan dan mempromosikan destinasi pariwisata Indonesia sesuai dengan kebutuhan pasar terkini.

Selain itu, memanfaatkan teknologi digital dan menerapkan protokol kesehatan CHSE (cleanliness, healthy, safety and environmental sustainability) dalam rangka mendukung industri pariwisata Indonesia selama masa pandemi serta berkolaborasi dengan berbagai stakeholders.

 

 

FOLLOW US