• Nasional

Perdana Menteri Justin Trudeau Tegaskan Vaksin COVID-19 AstraZeneca Aman

Asrul | Kamis, 29/04/2021 06:42 WIB
Perdana Menteri Justin Trudeau Tegaskan Vaksin COVID-19 AstraZeneca Aman Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau (Foto: Financial Tribune)

Ottawa, katantt.com - Vaksin COVID-19 AstraZeneca aman dan warga Kanada harus yakin akan hal itu. Demikian kata Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau pada Rabu (28/4), menanggapi berita, seorang perempuan meninggal karena pembekuan darah yang langka setelah diinokulasi.

Francine Boyer, 54, adalah korban tewas Kanada pertama yang terkait dengan vaksin AstraZeneca. Dia menerima suntikan pada 9 April dan meninggal pada 23 April di rumah sakit tempat dia dirawat karena kelelahan dan sakit kepala, kata suaminya dalam sebuah pernyataan.

"Saya sangat yakin pada semua vaksin, termasuk AstraZeneca," kata Trudeau, yang mendapatkan suntikan AstraZeneca pertamanya Jumat lalu.

"Risiko pembekuan darah akibat COVID jauh lebih besar daripada risiko efek samping yang sangat, sangat jarang tetapi nyata dari AstraZeneca. Ini adalah perhitungan yang sangat sederhana yang harus kita buat," kata Trudeau kepada stasiun radio Halifax.

Lebih dari selusin negara Eropa untuk sementara menghentikan penggunaan vaksin setelah laporan pembekuan darah dikombinasikan dengan trombosit rendah pada sejumlah kecil orang. Banyak negara telah kembali menggunakan tembakan itu.

Dihadapkan dengan gelombang ketiga virus yang merajalela, beberapa provinsi di Kanada baru-baru ini mulai menawarkan vaksin AstraZeneca kepada orang yang berusia 40 tahun ke atas. (Reuters)

FOLLOW US