• Nasional

AS Akhirnya Umumkan Ekspor hingga 60 Juta Vaksin COVID-19 AstraZeneca

Asrul | Selasa, 27/04/2021 07:08 WIB
AS Akhirnya Umumkan Ekspor hingga 60 Juta Vaksin COVID-19 AstraZeneca Ilustrasi Vaksin Covid-19 (Foto: Detik Health)

Washington, katantt.com - Pemerintah Amerika Serikat (AS) akan merilis hingga 60 juta dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca, menyusul kritik yang meningkat bahwa pemerintahan Joe Biden menimbun suntikan saat negara lain menderita.

"AS akan melepaskan 60 juta dosis AstraZeneca ke negara lain saat tersedia," kicau Andy Slavitt, penasihat senior Gedung Putih tentang tanggapan COVID-19, Senin (26/4).

Belum jelas berapa banyak dosis yang siap dikirim atau kemana vaksin tersebut akan dikirim. Namun, Slavitt menyampaikan bahwa stok saat ini masih sangat sedikit yang tersedia.

Presiden Joe Biden yang mengadakan panggilan telepon dengan Perdana Menteri India Narendra Modi pada Senin, berjanji akan mendukung teguh rakyat India yang telah terkena dampak dari lonjakan kasus COVID-19 baru-baru ini.

"AS menyediakan berbagai bantuan darurat, termasuk pasokan terkait oksigen, bahan vaksin dan terapi," kata Biden kepada Modi, menurut sebuah pernyataan.

Juru bicara Gedung Putih, Jen Psaki mengatakan kepada wartawan, Food and Drug Administration akan melakukan pemeriksaan kualitas pada dosis sebelum dikirim ke luar negeri.

"Tim kami akan membagikan lebih banyak detail tentang perencanaan kami dan siapa yang akan menerima tawaran dari sini, tetapi kami sedang dalam proses perencanaan saat ini," tambahnya.

Pemerintah Presiden Joe Biden berada di bawah tekanan untuk mencabut pembatasan ekspor vaksin dan pasokan vaksin karena negara-negara seperti India mengalami lonjakan besar sementara pasokan AS tampaknya semakin terjamin dan permintaan domestik mulai berkurang.

Langkah tersebut sangat memperluas tindakan dari bulan lalu untuk meminjamkan empat juta dosis vaksin AstraZeneca, yang belum disetujui di As dan mungkin tidak akan pernah disetujui, ke Meksiko dan Kanada.

Hampir 140 juta orang di AS sekarang telah menerima satu dosis - 42 persen dari populasi - atau 53 persen dari populasi orang dewasa.

Tingkat kasus COVID-19 baru sekali lagi menurun dan lonjakan mini selama sebulan sekarang muncul.

Pfizer dan Moderna tampaknya akan memberikan 600 juta dosis di antara mereka pada akhir Juli. AS juga telah melanjutkan vaksinasi dengan suntikan Johnson & Johnson, suntikan resmi ketiga, setelah jeda singkat karena kaitannya dengan bentuk pembekuan yang langka.

Dekan fakultas kesehatan masyarakat di Brown University, Ashish Jha mengatakan, salah satu kendala utama pengiriman dosis AstraZeneca ke luar negeri adalah masalah tanggung jawab hukum, karena kontrak asli dirumuskan antara perusahaan dan Amerika Serikat.

"Mungkin ada beberapa kejadian buruk dan bahkan mungkin ada kejadian yang tidak terkait dengan vaksin," katanya dalam webinar, menambahkan pembuat khawatir tentang kasus hukum tanpa ganti rugi yang dinikmati di AS.

"Ini dapat diselesaikan dalam pikiran saya oleh India, menawarkan ganti rugi dan perlindungan kepada AstraZeneca," tambahnya.

Namun dia memperkirakan masalah tersebut mungkin sensitif secara politik di India jika vaksin AstraZeneca dilihat sebagai suntikan tingkat kedua atau "dibuang". (AFP)

FOLLOW US