• Nusa Tenggara Timur

26 Desa di Kabupaten Malaka Terendam Banjir

Imanuel Lodja | Sabtu, 03/04/2021 18:14 WIB
26 Desa di Kabupaten Malaka Terendam Banjir SalahSalah seorang warga bersama anaknya di depan rumah yang nyaris roboh saat dilanda banjir akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Malaka dan sekitarnya dalam sepekan ini.

katantt.com--Selama sepekan kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dilanda hujan deras.

Akibatnya sebanyak 11 desa di Kecamatan Malaka Barat dan 15 desa di Kecamatan Malaka Tengah, terendam banjir.

"Wilayah yang terdampak banjir itu 11 desa di kecamatan Malaka Barat dan 15 desa kecamatan Malaka Tengah," Kata Penjabat Bupati Malaka, Viktor Manek saat dikonfirmasi Sabtu (3/4/2021).

Menurut Viktor, pihaknya mengerahkan sebanyak 13 unit mobil tangki, untuk menyuplai air bersih bagi masyarakat yang terdampak banjir.

"Kepada masyarakat yang kesulitan air bersih, kita suplay menggunakan 13 mobil tangki air milik pemerintah kabupaten Malaka, nanti dibagikan ke tiap-tiap kecamatan yang terdampak banjir," jelasnya.

Pendataan terhadap kerusakan serta kerugian akibat banjir, sementara dilakukan oleh dinas PUPR dan Pertanian.

"Kerusakan dan kerugian sedang didata. Tanggul yang jebol sudah diukur oleh dinas PUPR. Sementara kerusakan pada kebun dan sawah sedang didata tim dari dinas Pertanian," ungkap Viktor.

Tim kesehatan menyiapkan puskesmas Fahiluka, puskesmas Besikama dan puskemas Weliman, untuk penanganan terhadap masyarakat terdampak banjir, termasuk menabur abate ke sumur warga.

Hingga saat ini belum ada laporan soal korban jiwa. Hanya ada kerugian material kerusakan rumah dan lahan pertanian masyarakat serta kerusakan fasilitas umum.

Sementara terhadap jembatan Benenai yang bergeser dan retak akibat banjir bandang, telah dicek oleh dinas PUPR serta telah dilaporkan ke Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat.

"Kapolres Malaka sudah memerintahkan anggotanya mengendalikan kondisi lalu lintas di jembatan Benenain. Sementara mobil diatas lima ton tidak diperbolehkan lewat," tandas Viktor.

FOLLOW US