• Nusa Tenggara Timur

Kapolda NTT Cek Pengamanan Gereja di Kupang Jelang Perayaan Paskah

Imanuel Lodja | Kamis, 01/04/2021 14:59 WIB
Kapolda NTT Cek Pengamanan Gereja di Kupang Jelang Perayaan Paskah Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif didampingi Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya Perdana Binti saat mengecek pengamanan jelang perayaan Paskah di Gereja Katedral Kristus Raja.

katantt.com--Jelang perayaan Paskah 2021, Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum., melakukan pengecekan pengamanan di sejumlah gereja di Kota Kupang.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif mengecek kesiapan ibadah di Gereja Katedral Kristus Raja Kupang dan Gereja St. Yoseph Naikoten di Kota Kupang, Kamis (1/4/2021).

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif didampingi Karorena Polda NTT Kombes Pol. R. Dadik Junaedi Supri Hartono, Karolog Polda NTT Kombes Pol.Yayat J. Atkawijaya, Dansat Brimboda NTT Kombes Pol. Ferry Raimond Ukoli dan Kapolres Kupang Kota AKBP Satrya Perdana P. T. Binti.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif bertemu dengan koster Gereja Katedral Kristus Raja Kupang, Albertus Doa dan Ketua Panitia Paskah wilayah 1 Paroki St. Yoseph Naikoten Bertho Lamanepa.

Orang nomor satu di Polda NTT ini melihat secara langsung kesiapan gereja dan penerapan Prokes saat perayaan misa berlangsung.

Jenderal polisi bintang dua ini mengatakan bahwa pengecekan ini dalam rangka Operasi Samana Santa Ranakah 2021.

"Saat ini Polda NTT dan jajaran sendang melaksanakan Operasi Samana Santa Ranakah-2021. Ini merupakan operasi rutin untuk mengantisipasi kegitan Ibadah perayaan hari paskah bagi umat Nasrani," ujar Lotharia Latif.

Soal kejadian di Jakarta, Lotharia Latif menjelaskan bahwa itu merupakan salah satu konsentrasi Polri saat ini sehingga memberikan perkuatan dan pengamanan.

"Kita mengecek pengamanan internal gereja bagaimana dan pengamanan dari Polri. Tentu saja kita terus berkoordinasi. Dan kita terus mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi," katanya.

"Kemudian bila ada hal-hal yang memang perlu diinformasikan agar segera mungkin diinformasikan. Dan jaga Kerukunan umat beragama dengan saling menghargai dan jangan muda terprovokasi dengan isu-isu hoax di masyarakat," sambung Lotharia Latif.

Bertho Lamanepa selaku ketua perayaan paskah gereja Katolik St Yoseph Naikoten Kupang merasa senang dengan kunjungan dan pengamanan dari Polri karena Polri hadir ditengah masyarakat.

"Kami merasa aman dan nyaman dengan perhatian Kapolda NTT dan jajaran," ujarnya.

Pengamanan secara internal dilakukan Orang Muda Katolik (OMK) serta Banser NU dan aparat kepolisian.

Ia berharap perayaan paskah tahun 2021 berjalan aman dan lancar serta semua pihak bisa membantu menjaga keamanan.

 

 

 

FOLLOW US