• Nasional

3,5 Juta Imigran Afghanistan Tinggal di Iran dengan Kondisi Sulit

Asrul | Sabtu, 19/12/2020 06:05 WIB
3,5 Juta Imigran Afghanistan Tinggal di Iran dengan Kondisi Sulit Ilustrasi imigran (foto Nasional Tempo.co)

Katantt.com - Hampir sebanyak 3,5 juta imigran Afghanistan tinggal di Iran, mencoba untuk hidup dengan bekerja di bawah kondisi yang sulit atau upah rendah.

Warga Afghanistan mulai pergi ke Iran di tengah perang sipil yang dimulai dengan invasi Soviet ke Afghanistan pada 1979.

Populai imigran Afghanistan telah mencapai sekitar 3,5 juta di Iran.

Para imigran yang melarikan diri ke Iran mencoba menyelamatkan hidup mereka, saat ini, mencoba selamat dari kondisi yang diakibatkan oleh krisis ekonomi dan pandemi Covid-19.

Para imigran yang bekerja dalam kondisi yang parah, seperti tambang, bahkan untuk yang berpenghasilan rendah tinggal di barak yang sudah rusak.

Para keluarga imigran mengatakan mereka mendapat kesulitan dalam mengakses kebutuhan dasar, seperti makanan, tempat berlindung, pakaian musim dingin, dan pendidikan.

Di tengah wabah dan krisis ekonomi, para imigran mengatakan mereka membutuhkan pertolongan untuk selamat.

Tahun lalu, Abbas Araghchi, Deputi Menteri Luar Negeri Iran, mengatakan, negara itu telah menampung tiga juta pengungsi Afghanistan dan pengeluaran untuk mereka, seperti pendidikan, tempat tinggal, dan kesehatan, sebesar delapan miliar dolar.(Anadolu Agency)

FOLLOW US