• Bisnis

Digitalisasi, 3,6 Juta UMKM Telah Gunakan QRIS

Asrul | Rabu, 07/10/2020 13:08 WIB
Digitalisasi, 3,6 Juta UMKM Telah Gunakan QRIS Ilustrasi UMKM

Katantt.com - Bank Indonesia (BI) mencatat, sekitar 3,6 juta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang setara 94 persen dari total merchant telah menggunakan QRIS (QR Code Indonesian Standard).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan realisasi penggunaan QRIS sebagai langkah BI bekerja sama dengan kementerian atau lembaga yang terkait dan industri dalam mendukung implementasi akselerasi UMKM digital, khususnya di Masa pandemi.

Selain itu, guna mentransformasikan UMKM digital, BI juga terus mendorong UMKM melalui program onboarding UMKM yang didukung pengembangan ekosistem digital dan meningkatkan akses pembiayaan melalui Sistem Informasi Pencatatan Informasi Keuangan (SI-APIK) 7/10/20.

Langkah lain mendigitalisasi BI UMKM adalah menyelenggarakan Karya Kreatif Indonesia (KKI). KKI merupakan acara tahunan yang menampilkan produkt UMKM premium binaan BI.

Berbeda dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya, KKI 2020 diselenggarakan dengan konsep virtual dan dilakukan secara berseri, yaitu Seri I Sinergi untuk UMKM Ekspor (28-30 Agustus 2020), seri II Sinergi untuk UMKM Digital (7-9 Oktober III 2020), dan dilakukan untuk Sahabat Millennium Hujan November 2020.

Selain pameran virtual yang diikuti oleh 377 UMKM binaan BI, KKI Seri II juga menyajikan acara bersama BI dengan Kementerian Ketenagakerjaan dan OJK, educasi onboarding, business matching, business coaching, dan workshop yang difokuskan pada peningkatan kapasitas, literasiK, dan, seri katan kapasitas, literasiK, dan, seri konsumen. (Baca juga: Refly Harun: Hilangkanlah Presidential Threshold agar Kita Bisa Mencari Leader, Bukan Dealer)

BI mengajak massarakat untuk mengunjungi pameran KKI 2020 secara virtual melalui website KKI yaitu www.karyakreatifindonesia.co.id levat fitur platform yang telah dibuka pada 7 Oktober hingga 9 Oktober 2020. Setelah katalog 9 Oktober 2020, massarakat yang inginetan UMMediakantalet menu mediak situs KKI www.karyakreatifindonesia.co.id.

FOLLOW US