• Nasional

ESDM Dukung Pertamina Hapus Premium dan Pertalite

Asrul | Rabu, 02/09/2020 18:18 WIB
ESDM Dukung Pertamina Hapus Premium dan Pertalite Ilustrasi SPBU

Katantt.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mendukung rencana PT Pertamina (Persero) menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan pertalite yang memiliki RON 88 ddan RON 90.

Hal itu untuk mengurangi polusi dan tentunya beban subsidi yang harus dikeluarkan oleh pemerintah.

Selain memiliki kandungan RON yang rendah, premium dinilai sudah tidak layak digunakan karena berpolusi dan tidak ramah lingkungan.

"Salah satu program mengganti premium dengan pertalite, adalah untuk mengurangi masalah polusi," kata Menteri ESDM, Arifin Tasrif saat rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (2/9/2020). 

Arifin mengatakan, penggunaan BBM Premium dibeberapa negara saat ini juga sudah mulai diganti dengan RON yang lebih tinggi. Nah Indonesia saat ini termasuk salah satu yang masih menggunakan Premium. Karena itu dirinya sependapat jika Premium memang diganti yang lebih berkualitas. Namun  dengan harga yang tidak berbeda jauh. 

"Premium ini cuma ada di lima negara dunia saja yang menggunakan. Indonesia termasuk negara besar yang masih menggunakan," ujar dia. 

Terkait rencana penghapusan Premium, menurutnya, Pertamina sudah mulai melakukan sosialisasi dan uji coba khususnya di Pulau Bali. Bahkan jika berhasil dan mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat, Pertamina akan menambah lokasi lainnya untuk diuji cobakan.

"Program kita akan lakukan bertahap. Kemarin dilakukan diuji coba ke Bali, tapi itu aksi korporasi Pertamina, untuk mengetahui respons daripada masyarakat. Dari pemakaian, nanti kesimpulannya kita bisa peroleh kajiannya," ujar Arifin. 

Beberapa derah yang akan menjadi ujicoba penghapusan Premium selain Bali diantaranya adalah Jawa dan Madura. Arifin yakin program penghapusan Premium dengan Pertalite akan berjalan dengan lancar. Hal itu mengingat proyek langit biru di Cilacap telah berhasil diselesaikan.

"Ke depan juga Jawa Madura Bali bisa diimplementasikan. Selain Bali, kita juga rencanakan ada empat daerah lagi uji coba Pertalite menggantikan Premium," katanya. 

Proyek langit biru di Cilacap yang digagas Pertamina dapat menghasilkan BBM dengan kualitas yang baik. Sehingga ketika Premium dihapus dari pasaran, bahan bakar penggantinya sudah siapa.

"Nah, Pertamina di Cilacap sudah berhasil menyelesaikan proyek Langit Biru. Ini bisa hasilkan BBM RON tinggi dan bisa kita campur oktan rendah," katanya.

FOLLOW US