• Nasional

Ekonomi Papua dan Papua Barat Tumbuh Positif

Asrul | Rabu, 02/09/2020 19:19 WIB
Ekonomi Papua dan Papua Barat Tumbuh Positif Presiden RI Joko Widodo.

Katantt.com- Dua provinsi di Indonesia, Papua dan Papua Barat tercatat perekonomian mampu tumbuh positif pada kuartal tiga, meski di tengah pandemi Covid-19.

"Pertumbuhan ekonominya tertinggi adalah Papua dan Papua Barat. Papua tertinggi 4,52% dan Papua Barat 0,53%. Ini masih positif dan yang positif memang hanya Papua dan Papua Barat," kata  Presiden Jokowi saat membuka Rapat Terbatas dihadapan 34 Gubernur dan Kepala Daerah secara virtual di Istana Kepresidenan Bogor, kemarin.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa, pandemi Covid-19 membuat semua daerah terkena imbasnya, permintaan barang dan jasa juga menurun. Hal itu mengakibatkan pertumbuhan ekonomi didaerah juga negatif. Bahkan hampir seluruh Provinsi juga mengalami penurunan yang sangat tajam seperti Provinsi Bali, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta) dan Provinsi DKI Jakarta.

"Sulteng (Sulawesi Tengah) meskipun pada posisi baik, tapi sudah minus 0,06%. Kemudian karena kontraksinya terlalu besar, Bali berada pada minus 10,98%. Sedangkan DKI Jakarta juga minus 8,22% disusul DIY (Yogyakarta) minus 6,74%," ujar Jokowi. 

Menurut Jokowi, merosotnya pertumbuhan ekonomi di Bali dan Yogyakarta disebabkan tidak beroperasinya tempat hiburan dan wisata. Akibatnya pemasukan juga berkurang, karena tidak ada turis asing dan lokal yang berkunjung selama dilakukan lock down.

"Tiga Provinsi itu mengalami kontraksinya sangat besar karena memang mengandalkan turis wisata. Untuk yang lain posisinya hampir seperti rata-rata nasional kita," ujar Mantan Walikota Solo. 

Terkait pertumbuhan ekonomi yang lesu, Presiden mengingatkan pentingnya penggunaan belanja APBD, sehingga diharapkan dapat mendongkrak konsumsi belanja rumah tangga. Sehingga bisa menjaga kelangsungan daya beli dan juga memacu pertumbuhan ekonomi.

FOLLOW US