Semarak Festival Koepan Tampilkan Tarian Daerah dan Hasil Kerajinan UMKM

Reli Hendrikus | Rabu, 24/04/2024 20:02 WIB

Tarian etnis dan kreasi serta pameran UMKM menambah semarak perayaan HUT ke-138 Kota Kupang yang digelar di Alun-alun Kota Kupang, Selasa (23/4/2024). Penjabat Wali kota Kupang, Fahrensy Funay dengan pakaian adat Amarasi ikut menari saat penutupan Festival Koepan yang diselenggarakan di alun-alun Kota Kupang, Rabu (24/4/2024).

KATANTT.COM--Tarian etnis dan kreasi serta pameran UMKM menambah semarak perayaan HUT ke-138 Kota Kupang yang digelar di Alun-alun Kota Kupang, Selasa (23/4/2024).

Festival Koepan makin semarak dengan kehadiran puluhan lapak UMKM yang didominasi usaha kuliner mulai dari produk prasmanan hingga kemasan berjejer di alun-alun Kota Kupang. Termasuk kehadiran hasil kerajinan tenun ikat berbagai motif daerah dipajang pada perhelatan ini.

Festival Koepan yang digelar dalam rangka HUT ke-138 Kota Kupang dan HUT ke-28 Kota Kupang sebagai daerah otonom ini dimeriahkan dengan Tarian Bonet asal etnis Timor dan Tarian Jai asal Ngada serta hiburan lainnya yakni lomba tarian kreasi dan tarian etnis Alor dan Timor.

Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay menyampaikan masyarakat Kota Kupang sangat majemuk, sehingga melalui festival seperti ini memberi dampak positif bagi masyarakat, selain melestarikan seni dan budaya juga memberdayakan masyarakat di bidang ekonomi.

Baca juga :

“Makanya nanti dari kegiatan ini tentu kita Pemkot akan melakukan evaluasi dan bila perlu setiap tahun harus ada peningkatan-peningkatan kegiatan festival begini,” ungkapnya.

Ia mengapresiasi warga Kota Kupang yang hadir untuk menyaksikan festival dan juga mengunjungi lapak-lapak UMKM. Ia memastikan pemerintah tetap komitmen mendorong pertumbuhan pariwisata serta UMKM agar ke depan dari dua sektor itu bisa menopang kemajuan kota.

Fahrensy Funay menyampaikan terima kasih pada para peserta festival dari berbagai komunitas yang memberikan warna bagi Kota Kupang sebagai tempat berkumpulnya semua etnis dari seluruh daerah di NTT.

“Kita punya potensi pariwisata. Dari kegiatan seperti ini kita bisa melihat dampak baik dari partisipasi warga. Oleh karena itu nanti ke depan kita akan lakukan lagi festival begini, bahkan bila perlu kita menggandeng berbagai stakeholder supaya ada lebih dari satu festival,” jelasnya.

 

TAGS : Penjabat Wali Kota Kupang Festival Koepan