• Nusa Tenggara Timur

Lakalantas di Belu Avanza vs Dump Truk, Pensiunan ASN Luka

Imanuel Lodja | Senin, 04/12/2023 06:47 WIB
Lakalantas di Belu Avanza vs Dump Truk, Pensiunan ASN Luka Anggota Satlantas Polres Belu saat turun melakukan olah TKP

KATANTT.COM--Tabrakan terjadi di Atambua, Kabupaten Belu, antara mobil Toyota Avanza nomor polisi DH 1304 DD dengan dump truk Isuzu DH 8373 EE.

Tabrakan terjadi pada Sabtu (2/12/2023) di jalan raya jurusan Halilulik menuju arah Atambua, tepatnya di Dusun Nela, Desa Naekasa, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu.

Mobil avanza dikendarai Raimundus Aluman (59), pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang juga warga Kelurahan Aplasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU).

Sementara dump truk dikemudikan Fransiskus Xaverius Sukabi Maubere (60) warga Kelurahan Tulamalae, Kecamatan Atambua Barat, Kabupaten Belu. Ada dua orang penumpang dalam dump truk yakni Andy Seran (23) dan Mateus Vicente Seran (22).

Kasat Lantas Polres Belu, Iptu Marthen Luther Petterson, SH, yang dikonfirmasi Senin (4/12/2023) mengakui kalau dari hasil olah TKP serta keterangan saksi-saksi, pihaknya menyimpulkan bahwa diduga lalai pengemudi toyota avanza sehingga terjadi tabrakan.

"Raimundus Aluman yang mengendarai avanza warna putih lalai," ujar Kasat Lantas Polres Belu, Iptu Marthen Luther Petterson.

Mobil Toyota Avanza melaju dari arah Halilulik menuju arah Atambua, Kabupaten Belu. Raimundus mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi.

Sesaat sebelum terjadi kecelakaan, Raimundus merasa mengantuk sehingga menabrak pembatas jalan dua jalur dan berpindah ke jalur berlawanan.

Kemudian datang dari arah berlawanan dump truk yang dikemudikan Fransikus Xaverius Maubere yang bergerak dari arah Atambua menuju arah Halilulik. "Karena jarak yang sangat dekat sehingga kecelakaan tidak bisa dihindari," ujar Kasat.

Padahal kondisi jalan raya beraspal, jalan lurus, jalan dua jalur, permukaan jalan kering, arus lalu lintas pun sepi, cuaca cerah dan jarang pemukiman penduduk.

Akibat dari kecelakaan tersebut, pengemudi kendaraan avanza mengalami luka robek pada punggung tangan kanan, luka memar dada kanan bagian bawah, luka memar pada perut bawah, bengkak pada lutut kanan, luka pada tulang kering kaki kanan dan luka pada jari tengah kaki kiri.

"Menurut keterangan dokter pada hasil rontgen terdapat pergeseran pada tulang lutut kaki kanan akan tetapi pergeseran tersebut menurut keterangan dokter Jason tidak serta merta karena benturan melainkan dapat disebabkan karena faktor usia," ujar mantan Kapolsek Amanuban Tengah, Polres TTS ini.

Korban telah mendapatkan perawatan medis di RSUD Atambua, Kabupaten Belu. Sedangkan pengemudi isuzu dump truk dan penumpang dump truk tidak mengalami luka setelah terjadinya kecelakaan.

Mobil Isuzu dump truk belum bisa dievakuasi dari lokasi kejadian karena mengalami rusak pada bagian depan.

FOLLOW US