• Nusa Tenggara Timur

Lakalantas Maut Jupiter MX vs Jupiter Z di Sumba Barat, 4 Pemuda Tewas

Imanuel Lodja | Minggu, 23/04/2023 10:39 WIB
Lakalantas Maut Jupiter MX vs Jupiter Z di Sumba Barat, 4 Pemuda Tewas ilustrasi_lakalantas

KATANTT.COM--Kecelakaan lalu lintas merengkut nyawa korban terjadi di Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Sabtu (22/4/2023) malam. Dua sepeda motor yang masing-masing dikendarai 3 orang bertabrakan di jalan jurusan Waibangga-Waikabubak tepatnya di Kampung Ngaingo Kalada, Desa Dokakaka, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat.

Kecelakaan melibatkan sepeda motor Yamaha Jupiter MX nomor polisi DK 6310 SO dan sepeda motor Yamaha Jupiter Z tanpa nomor polisi. Sepeda motor Yamaha Jupiter MX dikendarai oleh SUS yang membonceng NDT dan DL. Sementara sepeda motor Yamaha Jupiter Z dikendarai JUS yang membonceng dua rekannya RW dan FLK.

Empat korban tewas masing-masing JUS, RW, FLK dan SUS. Sementara dua penumpang sepeda motor Jupiter MX yakni NDT dan DL mengalami luka berat dan masih dirawat intensif di rumah sakit. "Pengemudi sepeda motor Yamaha Jupiter z dengan dua penumpangnya meninggal di tempat. Sedangkan pengemudi Jupiter MX meninggal di rumah sakit dan dua penumpangnya luka berat dan sedang dalam perawatan," ujar Kapolres Sumba Barat, AKBP Benny Miniani Arief, SIK, yang dikonfirmasi Minggu (23/4/2023).

Tiga orang meninggal dunia di tempat kejadian yakni pengendara sepeda motor Yamaha Jupiter Z dan dua orang penumpangnya. Sedangkan pengendara sepeda motor Yamaha Jupiter MX dengan dua orang penumpangnya mengalami luka berat dan dibawa petugas ke rumah sakit Kristen Lendemoripa Waikabubak.

SUS, pengendara sepeda motor Yamaha Jupiter MX meninggal dunia setelah menjalani perawatan di Rumah sakit Kristen Lendemoripa, Waikabubak. Awalnya pengendara sepeda motor Yamaha Jupiter MX nomor polisi DK 6310 SO, SUS yang membonceng NDT dan DL melaju dari arah Kota Waikabubak menuju Waibangga.

Sedangkan JUS, pengendara sepeda motor Yamaha Jupiter Z tanpa nomor polisi yang berboncengan dengan RW dan FLK melaju dari arah berlawanan. Diduga pengendara sepeda motor Yamaha Jupiter Z hilang kendali dan mengambil lajur kanan sehingga menabrak sepeda motor Yamaha Jupiter MX yang bergerak dari arah berlawanan. Semua pengendara dan penumpang kedua sepeda motor ini dipastikan tidak menggunakan helm.

Kapolres Sumba Barat, AKBP Benny Miniani Arief, SIK, juga mengakui kalau anggota unit Laka dari Satuan Lalulintas Polres Sumba Barat langsung mendatangi lokasi kejadian dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP). Polisi membawa seluruh korban ke rumah sakit dan mengamankan barang bukti serta membuat laporan polisi nomor LP/A/10/IV/2023/SPKT.Sat Lantas/Polres Sumba Barat/Polda NTT, tanggal 22 April 2023.

Kapolres Sumba Barat, AKBP Benny Miniani Arief mengajak masyarakat Sumba Barat dan juga masyarakat Sumba Tengah untuk patuh terhadap aturan lalu lintas yang berlaku. Hal ini diharapkan dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan lalulintas di wilayah hukum Polres Sumba Barat.

"Mari patuhi aturan lalulintas, lengkapi kelengkapan kendaraan seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan, cek kondisi kendaraan sebelum digunakan dan kelengkapan pengendara dengan menggunakan helm SNI serta memiliki Surat izin Mengemudi. Ikuti ketentuan yang berlaku dan selalu berhati-hati dalam berkendara agar kita dapat menjaga keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya," tandas Kapolres Sumba Barat, Sumba Barat, AKBP Benny Miniani Arief.

FOLLOW US