• Nusa Tenggara Timur

Aksi Donor Darah Polda NTT, Targetkan 500 Kantong Darah Terkumpul

Imanuel Lodja | Selasa, 07/06/2022 16:26 WIB
Aksi Donor Darah Polda NTT, Targetkan 500 Kantong Darah Terkumpul Anggota Polda NTT saat melakukan aksi donor darah dalam menyongsong peringatan Hari Bhayangkara ke 76 tahun 2022 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 70 tahun 2022.

KATANTT.COM--Polda NTT menggelar bhakti kesehatan Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022 dan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke 70 tahun 2022.

Bhakti Kesehatan meliputi donor darah, operasi celah bibir dan lelangit, vaksinasi, pengobatan umum dan khitanan dengan tema "Polri yang presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia tangguh-Indonesia tumbuh".

Selasa (7/6/2022), Bid Dokkes Polda NTT menggelar donor darah diikuti pejabat Polda NTT, anggota dan Bhayangkari di lobi lantai I Polda NTT.

Kabid Dokkes Polda NTT, Kombes Pol dr Sudaryono menyebutkan kalau kegiatan donor darah merupakan agenda HKGB ke 70 dan hari bhayangkara ke-76.

Ditargetkan donor darah serentak akan terkumpul 15.000 kantong darah untuk rekor MURI.

Juga dilakukan operasi celah bibir bagi 30 orang pada tanggal 10 dan 11 Juni 2022 di Rumah Sakit Bhayangkara Titus Uly Kupang.

Kapolda NTT, Irjen Pol Drs Setyo Budiyanto, SH, MH, yang memantau langsung kegiatan donor darah hari Bhayangkara ke 76 dan HKGB ke 70 tahun 2022 menyebutkan bahwa donor darah merupakan kegiatan sosial tanpa mengharapkan keuntungan dan murni untuk mendukung masyarakat.

Kapolda mengapresiasi antusias masyarakat mengikuti donor darah karena peserta donor darah adalah anggota Polda NTT, ibu-ibu Bhayangkari dan masyarakat luar.

"Antusias masyarakat tinggi menunjukkan kepedulian anggota dan bhayangkari semua menyumbangkan darah," ujar Setyo Budiyanto.

Ia juga mengakui kalau donor darah juga merupakan proses pembersihan darah jika rutin dilakukan, maksimal 2 kali dalam satu tahun.

Donor darah ini tidak hanya dilaksanakan di Polda saja, tetapi di Polres-polres juga melakukan kegiatan yang sama.

Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak sesuai instruksi dari Markas Besar (Mabes Polri) secara nasional dengan harapan bahwa bisa mencapai target 15 ribu pendonor.

Untuk Polda NTT sendiri, targetnya adalah 500 pendonor baik dari anggota maupun Bhayangkari. "Ini target minimal dan bisa lebih," tandas Setyo Budiyanto.

Setyo Budiyanto berharap pelaksanaan donor darah bisa bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan dan bisa langsung dikelola oleh PMI (Palang Merah Indonesia) wilayah NTT kemudian disalurkan kepada masyarakat.

"Kita tahu bersama bahwa, donor darah adalah suatu kegiatan sosial yang kita laksanakan untuk mendukung atau membantu masyarakat," ujarnya.

Pelaksanaan donor darah ini dikoordinir atau dilaksanakan oleh Kabiddokkes kemudian Karumkit RSB Titus Uly Kupang dengan tenaga kesehatan yang ada.

Jenderal polisi bintang dua ini berharap darah yang nantinya dikelola oleh PMI bisa bermanfaat untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan.

Selain kegiatan donor darah, Polda NTT juga melaksanakan kegiatan bakti kesehatan lainnya dan Bakti sosial dalam rangka Hari Bhayangkara ke-76.

Kepada seluruh masyarakat di Provinsi NTT disampaikan pula tanggal 11 jam 12 Juni 2022 akan ada pelaksanaan operasi celah bibir (bibir sumbing).

Bagi masyarakat yang berada di luar Kota Kupang bisa menghubungi seksi kesehatan yang ada di Polres masing-masing.

"Nanti akan didatakan, diinventarisir dan data tersebut setelah diverifikasi, informasi tersebut akan diteruskan ke Kabiddokkes atau ke Karumkit RSB Titus Uly Kupang," tambahnya.

Harapannya informasi ini dapat dipublikasi sehingga bisa sampai ke seluruh masyarakat di Provinsi NTT sehingga jika ada anak dan keluarganya yang mengalami masalah dengan bibirnya bisa segera dikomunikasikan dengan pihak Polres.

"Prinsipnya tidak ada pemungutan biaya, itu gratis semuanya merupakan kegiatan sosial," tegasnya.

Polda juga menggelar kegiatan vaksinasi secara gencar serta kegiatan-kegiatan bakti sosial yang bermanfaat bersama Bhayangkari Daerah NTT untuk membantu masyarakat kurang mampu.

FOLLOW US