• Nusa Tenggara Timur

Bandara El Tari Kupang Gelar Table Top Exercise dan Modular

Semy Andy Pah | Rabu, 08/12/2021 17:04 WIB
 Bandara El Tari Kupang Gelar Table Top Exercise dan Modular PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara El Tari Kupang bersama Anggota Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee melaksanakan Table Top Exercise dan Modular di Kantor Cabang Bandar Udara El Tari Kupang.

katantt.com--PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandar Udara El Tari Kupang bersama Anggota Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee melaksanakan Table Top Exercise dan Modular di Kantor Cabang Bandar Udara El Tari Kupang.

Kegiatan ini merupakan rangkaian pelatihan bersama dengan seluruh Stakeholder Bandara El-Tari Kupang dalam menanggulangi suatu keadaan luar biasa seperti ancaman bom/teroris, kerusuhan, maupun Kecelakaan pesawat udara di area Bandara El-Tari Kupang.

Masing-masing stakeholder memiliki peran tersendiri dalam menghadapi keadaan luar biasa yang terjadi, sehingga sangat perlu bagi masing-masing stakeholder untuk mengetahui dan melatih kesiapan personil guna meminimalisir dampak yang terjadi serta menyelesaikan permasalahan secara cepat, efektif dan efisien.

Kegiatan Table Top dan Modular Exercise kali ini dilaksanakan di Ruang Bolelebo Bandara El-Tari Kupang dan dihadiri oleh Kepala Cabang Perum LPPNPI (Airnav Indonesia), Komandan Satuan Polisi Militer Lanud TNI AU El-Tari, Kepala BIN Daerah Provinsi NTT, Kepala Otoritas Bandara Wilayah IV Bali (hadir secara daring) serta Seluruh Komunitas Bandara yang tegabung dalam Airport Emergency Committee dan Airport Security Committee.

General Manager PT. Angkasa Pura I (Persero) Bandara El-Tari Kupang, I Nyoman Noer Rohim mengatakan bahwa acara gabungan ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan memperlancar jalur komunikasi sesama stakeholder dalam melaksanakan operasional dengan aman dan lancar.

“Kegiatan Table Top dan Modular Exercise ini kedepannya mohon agar dapat dievaluasi untuk peningkatan kinerja operasional, SDM dan Fasilitas dan prosedur dalam rangka memitigasi risiko terjadinya keadaan darurat,” kata Nyoman.

Pangkalan Udara TNI AU El-Tari yang dalam hal ini diwakili oleh Komandan Satuan Polisi Militer Tni AU El-Tari LetKol. Yohanes Chandra menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Table Top dan Modular Exercise ini serta diharapkan berdampak positif dan sangat baik untuk melatih kemampuan satuan kerja agar dapat lebih awal mengantisipasi adanya ancaman atau kejadian-kejadian yang suatu saat terjadi.

Table Top dan Modular Exercise dilaksanakan dengan berbagai simulasi kejadian, antara lain pesawat udara mengalami permasalahan sehingga diharuskan untuk mendarat darurat maka pilot akan menginformasikan permasalahan kepada petugas Air Traffic Control (ATC).

Yang kemudian diteruskan kepada Airport Rescue and Fire Fighting Bandara El-tari Kupang beserta seluruh anggota Airport Emergency Committee untuk melakukan penyelamatan dan evakuasi.

Selain itu, simulasi penanggulangan keadaan darurat pada aircraft accident juga disimulasikan penganggulangan keadaan darurat berupa tindakan melawan hukum yaitu sekelompok orang memaksa masuk ke daerah keamanan terbatas bandar udara dan hendak melakukan penjarahan terhadap barang bawaan (bagasi) milik penumpang pesawat tersebut (aircraft accident).

 

FOLLOW US