FKUB Ajang Bangun Kemitraan dan Kebersamaan di Kabupaten Kupang

Semy Andy Pah | Minggu, 27/08/2023 19:44 WIB

Forum Kerukunan Umat Beragama antar pemerintah dan tokoh agama merupakan salah satu momentum penting dan strategis yang dilakukan dalam rangka menciptakan kebersamaan dan kemitraan. Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kupang Novita D.E Foenay di saat membuka Forum Kerukunan Umat Beragama Tingkat Kabupaten Kupang yang berlangsung dua hari dari tanggal 23-24 Agustus 2023, di Hotel Amaris Kupang, Rabu (23/8/2023).

KATANTT.COM--Forum Kerukunan Umat Beragama antar pemerintah dan tokoh agama merupakan salah satu momentum penting dan strategis yang dilakukan dalam rangka menciptakan kebersamaan dan kemitraan.

Hal ini dilatari kondisi masyarakat Kabupaten Kupang yang terdiri dari berbagai agama, suku, ras dan golongan sehingga melalui forum dialog ini menjadi ajang duduk bersama, sharing, pengalaman dan informasi tentang berbagai persoalan yang terjadi di Daerah.

Demikian disampaikan Bupati Kupang Korinus Masneno dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Kupang Novita D.E Foenay di saat membuka Forum Kerukunan Umat Beragama Tingkat Kabupaten Kupang yang berlangsung dua hari dari tanggal 23-24 Agustus 2023, di Hotel Amaris Kupang, Rabu (23/8/2023).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua FKUB Kabupaten Kupang Pdt. Yunus Kay Tulang bersama anggota, Kaban Kesbangpol Kabupaten Kupang Richard Benu, para camatt dan tokoh-tokoh agama di Kabupaten Kupang.

Baca juga :

Novita menjelaskan forum seperti ini harus dapat mencapai kreatifitas dan nilai tambah bukan hanya merukunkan tetapi juga membentuk umat yang kompetitif dan inovatif menjalankan kehidupan secara baik.

"Saya berharap semua stakeholder membangun komitmen bersama, memupuk rasa saling percaya, saling menghormati dan tetap menjaga hubungan yang sinergis antara Pemerintah dan tokoh agama demi menjaga harmonisasi sosial dan kehidupan keagamaan dalam keberagaman,” jelas Novita.

Ia meminta dukungan semua pihak agar kerukunan dan kebersamaan di Kabupaten Kupang dapat terus terjaga dengan baik. “Mari berkerjasama dan berkerja cerdas dalam membangun Kabupaten Kupang yang maju, mandiri dan sejahtera,” Pintanya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Kabupaten Kupang, Benny Markus dalam laporannya menyatakan pentingnya pelaksanaan kegiatan ini sebagai ajang dialog Kerukunan antara Pemerintah dan tokoh agama dan menjadi langkah strategis menjaga harmonisasi dan memelihara kerukunan hidup umat beragama di Kabupaten Kupang.

Selain itu jelas Benny, lewat kegiatan ini dapat membangun kemitraan antara Pemerintah Daerah dan tokoh agama, tokoh masyarakat dengan harapan terciptanya pemahaman bersama yang optimal dari berbagai tokoh lintas agama dan Pemerintah dalam menciptakan kerukunan intern dan antar sesama umat beragama.

TAGS : Pemkab Kupang FKUB Keberrsamaan