Polsek Alak Bentuk PKS di Semua Sekolah di Kecamatan Alak

Imanuel Lodja | Sabtu, 15/07/2023 16:20 WIB

Kepolisian Sektor (Polsek) Alak, Polresta Kupang Kota menggalakkan pembentukan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di seluruh sekolah tingkat SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Alak. Langkah ini dilakukan dengan sosialisasi ke seluruh sekolah di wilayah hukum Polsek Alak yang meliputi Kecamatan Alak. Sejumlah siswa SMP dan SMA terpilih di Kota Kupang, mengikuti pelatihan calon anggota patroli keamanan sekolah yang difasilitasi Polsek Alak, Polresta Kupang Kota, Jumat (17/3/2023).

KATANTT.COM--Kepolisian Sektor (Polsek) Alak, Polresta Kupang Kota menggalakkan pembentukan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di seluruh sekolah tingkat SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Alak. Langkah ini dilakukan dengan sosialisasi ke seluruh sekolah di wilayah hukum Polsek Alak yang meliputi Kecamatan Alak.

Kapolsek Alak, Kompol Edy, SH, MH, saat dikonfirmasi di Kupang, Sabtu (15/7/2023) menyebutkan kalau saat ini sejumlah sekolah di wilayah Kecamatan Alak sedang melakukan penerimaan siswa baru dan dalam masa orientasi sekolah.

Kegiatan masa orientasi sekolah dimanfaatkan Kapolsek Alak dan jajarannya melakukan sosialisasi pembentukan PKS di sekolah. “Kami datangi SMP dan SMA/SMK di Kecamatan Alak dan kami lakukan sosialisasi saat masa orientasi sekolah. Nanti setelah mereka sudah mulai proses belajar mengajar maka kami akan memberikan materi soal PKS dan memfasilitasi pembentukan PKS,” ujar Kapolsek Alak.

Saat ini di wilayah Kecamatan Alak, sudah ada 9 sekolah yang memiliki PKS masing-masing 4 sekolah SMA/SMK yakni SMA Negeri 12, SMKN 7, SMA Negeri 8 dan MAN Kupang serta 5 SMP.

Baca juga :

“Targetnya seluruh SMP dan SMA di Kecamatan Alak memiliki PKS kemudian kami ikuti dengan pembentukan PKS di sekolah dasar,” tambah mantan Kasat Reskrim Polres Manggarai Barat ini.

Beberapa waktu lalu, sejumlah siswa SMP dan SMA terpilih di Kota Kupang, NTT mengikuti pelatihan calon anggota patroli keamanan sekolah difasilitasi Polsek Alak, Polresta Kupang Kota.

Puluhan siswa ini mengikuti kegiatan selama tiga hari di Mapolsek Alak dan lapangan Sambura, Kelurahan Penkase, Kecamatan Alak, Kota Kupang. Kegiatan pelatihan dilakukan oleh personil Polsek alak dipimpin Kapolsek Alak, Kompol Edy, SH MH.

"Kita latih terhadap calon anggota PKS yang terpilih dari masing-masing SMP/SMA di wilayah hukum Polsek Alak," tandas Kapolsek Alak, Kompol Edy.

Siswa-siswi calon anggota PKS yang terpilih dari masing-masing SMP/SMA di wilayah hukum Polsek Alak melaksanakan apel di Polsek Alak. Selanjutnya mendapat sosialisasi di aula dari Kapolsek Alak terkait dengan agenda pelatihan.

Dalam pelatihan tersebut, Kapolsek Alak mengingatkan kembali gerakan dasar PBB terhadap siswa-siswi calon anggota PKS. Juga mengajarkan 12 gerakan pengaturan lalu lintas serta cara menggunakan sempritan.

Setelah diberikan sosialisasi, siswa-siswi calon anggota PKS yang terpilih dari masing-masing SMP/SMA di wilayah hukum Polsek Alak melakukan praktek.

"Pelatihan oleh personil Polsek Alak terhadap siswa-siswi calon anggota PKS yang terpilih dari masing-masing SMP/SMA di Wilayah hukum Polsek Alak sangat bermanfaat," tandasnya.

Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk melatih mental, dan pengetahuan calon anggota PKS yang baru agar mampu melakukan tugas PKS yaitu mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyeberangkan siswa-siswi yang akan menuju ke sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah.

Hari kedua, mengagendakan untuk memantapkan 12 gerakan pengaturan lalu lintas. "Berharap para siswa menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas dan keamanan di lingkungan sekolah," tandas Kapolsek Alak, Kompol Edy.

TAGS : Polsek Alak Bentuk PKS Tertib Lalulintas