Bekerja dengan Hati, Tokoh Agama di NTT Doakan Irjen Pol Lotharia Latif Sukses di Tempat Tugas Baru

Imanuel Lodja | Rabu, 22/12/2021 07:04 WIB

Irjen Pol Drs Lotharia Latif,SH,MHum, segera mengakhiri tugas sebagai Kapolda NTT karena akan menjalani tugas baru sebagai Kapolda Maluku. Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif bersilaturahmi sekaligus pamitan dengan para tokoh agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi NTT.

katantt.com--Irjen Pol Drs Lotharia Latif,SH,MHum, segera mengakhiri tugas sebagai Kapolda NTT karena akan menjalani tugas baru sebagai Kapolda Maluku.

Pun begitu, ada banyak keberhasilan dan prestasi yang berhasil dicapai Polda NTT di bawah kepemimpinan lulusan Akpol 1988 ini.

Suami Hj. Eviyanti Nurhayati, SH, ini pun di doakan oleh para tokoh agama di NTT yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi NTT dalam menjalan tugas yang baru sebagai Kapolda Maluku.

Hal ini terungkap saat Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH, MHum, bersilaturahmi dan melakukan tatap muka dengan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi NTT, Selasa (21/12/2021).

Baca juga :

Kesempatan ini dimanfaatkan jenderal polisi bintang dua ini untuk pamitan. Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mempromosikan Irjen Pol Drs Lotharia Latif, SH, MHum menjadi Kapolda Maluku.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif ketika berpamitan didampingi Dirintelkam Polda NTT Kombes Pol Jan Wynand Imanuel Makatita, SIK.

Orang nomor satu di Polda NTT ini diterima Ketua FKUB Provinsi NTT Dr Maria Theresia Geme, SH, MH, bersama para pengurus diantaranya, Sekertaris FKUB Provinsi NTT Romo Longginus Bone, Pr, perwakilan agama Hindu, Pemangku Putera Kusuma, perwakilan agama Budha Indra Effendy, SE, perwakilan agama Protestan, Pendeta Yusuf Nakmofa, STh dan perwakilan agama Islam H. Jalaludin Bethanserta.

Ketua FKUB NTT Dr Maria Theresia Geme, SH MH menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif atas kebersamaan yang selama ini telah terjalin dengan baik.

"Ada beberapa catatan dari jajaran Kepolisian terutama di Polda NTT, secara pribadi adalah hal yang sangat berkesan dan sangat diharapkan agar tetap menjadi mitra yang baik ke depannya dan mengucapkan terima kasih serta mendukung dengan doa kepada bapak Kapolda di tempat tugas yang baru yaitu di Polda Maluku," kata Thresia Geme.

Saat ini kata dia, ada banyak catatan-catatan terhadap kinerja Polri khususnya terhadap Polda NTT.

Menurut pendapat pribadinya, merupakan pengharapan yang wajar untuk mengubah kepolisian menjadi lebih baik lagi dalam melaksanakan tugas memberikan perlindungan dan pelayanan kepada masyarakat.

"FKUB mendoakan Kapolda NTT agar dalam menjalankan tugas selalu dilindungi oleh Tuhan dan bisa menjalankan tugas amanah dengan baik, terima kasih atas jasa baik dari bapa kapolda yang bekerja dengan hati," pungkasnya.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif menyampaikan terima kasih kepada FKUB NTT yang telah bekerja sama dan mendukung tugas Polri selama ini serta mau menjadi mitra Polri yang baik.

"FKUB merupakan representasi dari seluruh toko agama yang ada di NTT dan merupakan mitra kepolisisan khususnya Polda NTT dalam memberikan kritik, nasihat dan juga menjadi harapan untuk menjelaskan kepada masyarakat terkait bagaimana peran Polri dalam melaksanakan tugas," kata Lotharia Latif.

Selama ini kata dia, komunikasi atau hubungan antara FKUB dan Polda NTT sudah sangat terjalin baik dalam menyelesaikan persoalan umat di wilayah Provinsi NTT.

Hal ini karena peran FKUB yang di dalamnya merupakan para tokoh agama sangatlah penting dalam menjaga kerukunan di NTT.

"NTT merupakan Nusa Toleransi dan peran tokoh agama sangat berpengaruh dalam mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda NTT," sebutnya.

Ia berterima kasih atas kerja yang dibangun selama ini sekaligus berpamitan dengan anggota FKUB Provinsi NTT untuk selanjutnya melaksanakan tugas sebagai Kapolda Maluku.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan koreksi yang selama ini diberikan dalam menjalankan tugas sebagai Kapolda NTT serta menyampaikan permohonan maaf apabila dalam melaksanakan tugas masih ditemukan adanya hal-hal diluar ketentuan hukum," ucapnya.

Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif juga berpesan kepada para pengurus FKUB Provinsi NTT salah satunya untuk terus melakukan kontrol sosial terhadap umat atau masyarakat.

"Saat ini dunia sudah tanpa batas. Selain kita hidup di dunia nyata (citizen) kita juga sudah hidup di dunia maya (netizen) yang tanpa sekat dan dengan mudah bisa di lihat oleh siapapun di belahan dunia ini, sehingga sebagai netizen kita harus hati-hati dan terus melakukan kontrol sosial," kata jenderal polisi bintang dua tersebut.

Ia menitip pesan kepada FKUB Provinsi NTT agar dapat memberikan motivasi dan memberikan kekuatan serta dukungan kepada Kapolda NTT yang baru nantinya khususnya dalam pelaksanaan tugas sebapai pimpinan Polda NTT yang baru.

Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif memohon doa restu serta mengucapkan selamat Natal kepada seluruh umat Nasrani di Provinsi NTT.

"Sudahi hoax dan narasi-narasi yang membodohi dan menghasut masyarakat, jaga kerukunan dan persatuan di setiap sandi kehidupan masyarakat. Mari kita sambut Natal dengan hati yang bersih dalam damai dan kasih-Nya," ujarnya.

TAGS : Kapolda NTT FKUB Doakan Tugas Baru