• Nusa Tenggara Timur

Mahasiswa Undana di Sikumana Tewas Ditikam di Oesapa

Imanuel Lodja | Senin, 25/09/2023 10:23 WIB
Mahasiswa Undana di Sikumana Tewas Ditikam di Oesapa ilustrasi

KATANTT.COM--Yohanis Dombosko Padalani (23), mahasiswa jurusan Bahasa Inggris FKIP Undana Kupang tewas diduga ditikam dengan pisau, Minggu (24/9/2023) malam.

Warga asal Desa Likwatang, Kecamatan Alor Tengah Utara, Kabupaten Alor yang tinggal di Kelurahan Sikumana, Kecamatan Maulafa, Kota Kupang ini terlibat pengeroyokan dan penganiayaan di Jalan Esa Nita, RT 011/RW 004, Kelurahan Oesapa, Kecamatan Kelapa Lima, Kota Kupang.

Diperoleh informasi kalau awal peristiwa bermula saat Rafael Jermia Lema (23), mahasiswa yang kos di kos Juntari, Jalan Kabesak RT 10, Kelurahan Oesapa, Kota Kupang membonceng rekan perempuan dengan sepeda motor.

Ada pula satu sepeda motor yang dikendarai dan ditumpangi dua rekan perempuan yang lain. Saat itu mereka dari Kelurahan Oesapa ke Kelurahan Kayu Putih, Kota Kupang. Saat tiba di Jalan Esa Nita, ada 3 pemuda dalam keadaan mabuk akibat konsumsi minuman keras.

Ketiga pemuda tersebut berjalan di tengah jalan sehingga menghalangi korban dan tiga rekan wanita. Dua orang rekan korban menggunakan sepeda motor sendiri nyaris menabrak para pemuda tersebut. Para pemuda yang dalam keadaan mabuk miras nyaris memukul 2 perempuan rekan Rafael.

Rafael menegur mereka karena yang salah adalah para pemuda tersebut. Saat itu para pemuda ini mengancam untuk memukul Rafael dan rekannya. Namun Rafael dan tiga rekannya terus melanjutkan perjalanannya ke Kelurahan Kayu Putih.

Saat kembali dari Kelurahan Kayu Putih dan tiba di kos, Rafael mengabari korban Yohanes melalui pesan whatsapp kalau ia dihadang dan nyaris dikeroyok di Jalan Esa Nita Kelurahan Oesapa. Korban kemudian datang dari Kelurahan Sikumana.

Begitu tiba, korban mengajak Rafael dan Ferdi Letlai (22), mahasiswa yang tinggal di Asrama Sambolo, Kelurahan Oesapa ke lokasi kejadian. Saat tiba di Jalan Esa Nita, mereka melihat para pelaku turun dari angkutan kota.

Korban kemudian bertanya ke para pelaku soal ancaman pelaku yang hendak memukul Rafael. Korban yang terlebih dahulu tiba di lokasi langsung berkelahi dengan 2 pelaku. Kemudian Rafael dan Ferdi datang membantu korban.
Ferdi pun ikut dipukul sehingga ia ikut berkelahi.

Namun pemuda yang berkelahi dengan Ferdi masuk ke dalam rumah. Ferdi kemudian memilih kabur dan mengajak korban dan Rafael untuk lari menyelamatkan diri. Sementara itu Rafael mengaku sempat melihat korban Yohanes dipeluk oleh salah satu pelaku.

Rafael berusaha menarik korban dari para pelaku, namun ada pelaku lain dari dalam rumah datang memukul Rafael. Rafael pun memilih kabur dan menyelamatkan diri dengan sepeda motor.

Rafael tidak menduga kalau korban masih di lokasi kejadian. Saat bertemu Ferdi Letlai, Rafael menanyakan leberadaan korban Yohanes namun keduanya memastikan kalau korban masih di lokasi kejadian. Rafael dan Ferdi kembali ke lokasi di Jalan Esa Nita.

Keduanya mendapati korban sudah dalam keadaan ditikam dan berbaring di jalan raya. Saat itu, korban mengalami luka tusuk pada perut dam meninggal dunia.

Marianus (24), salah seorang warga di sekitar lokasi kejadian mengaku kalau keributan tersebut sempat berujung damai. "Sempat terjadi pertengkaran namun berujung damai dan saling jabat tangan," ujarnya.

Ia pun mengaku tidak mengetahui persis peristiwa penikaman terhadap korban dan pelaku yang menikam korban. Polisi dari Polsek Kelapa Lima dan Polresta Kupang Kota pun turun ke lokasi kejadian.

Polisi melakukan olah tempat kejadian perkara, mengamankan barang bukti dan meminta keterangan sejumlah mahasiswa dan warga yang mengetahui peristiwa ini. Jenazah korban kemudian dievakuasi ke rumah sakit untuk visum dan diserahkan ke pihak keluarga.

Kapolsek Kelapa Lima AKP Jemy O. Noke, SH, bersama anggota masih mencari terduga pelaku sehingga belum bisa dikonfirmasi terkait peristiwa ini. Namun diperoleh informasi kalau ada dua laporan polisi yang diterima pihak kepolisian yakni kasus pembunuhan dengan korban Yohanes dan kasus pengeroyokan dengan korban Rafael.

FOLLOW US