• Sport

Shokaido Harus Mampu Lahirkan Karateka Berprestasi Wakili NTT

Semy Andy Pah | Kamis, 31/08/2023 05:36 WIB
Shokaido Harus Mampu Lahirkan Karateka Berprestasi Wakili NTT Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay saat menutup Kejuaraan Daerah Piala Ketua Umum Shokaido NTT tahun 2023 di Gedung Serbaguna KONI, Sabtu (26/8/2023).

KATANTT.COM--Organisasi Perguruan Karate Shotokan Kandaga Indonesia (Shokaido) harus mampu melahirkan karateka berprestasi yang akan mewakili Nusa Tenggara Timur di ajang nasional dan internasional.

"Saya berharap semoga kejuaraan yang diselenggarakan Ketua Umum Shokaido ini mampu melahirkan para karateka yang berprestasi dan profesional, sehingga ke depan bisa bertanding mewakili NTT pada perhelatan nasional maupun internasional," kata Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay, SE, MSi, saat menutup Kejuaraan Daerah Piala Ketua Umum Shokaido NTT tahun 2023 di Gedung Serbaguna KONI, Sabtu (26/8/2023).

Kejuaraan yang melibatkan seluruh karateka Perguruan Shokaido kabupaten/kota yang ada di daratan Timor ini diharapkan akan meningkatkan mutu seni beladiri yang mencirikan sportivitas, serta dapat melestarikan dan mengembangkan secara luas nama perguruan Shokaido, sebagai salah satu bagian dari olahraga beladiri.

Turut hadir, Komando Pasukan Gerak Cepat Militer (Kopasgat) Angkataan Udara, 153 peserta dari 8 kontingen Organisasi Perguruan Karate Shotokan Kandaga Indonesia (Shokaido) se-daratan Timor, Kontingen Dojo SDN Batuplat 2 Kupang, Kontingen Dojo SDN Naikoten 1 Kupang dan Kontingen Dojo Angkasa AU Penfui Kupang.

Hadir pula, Kontingen Dojo Syalom BTN Kupang, Kontingen Dojo SDN Beumopu Kupang, Kontingen Dojo SMPN 10 Kupang, Kontingen Dojo SMA N 1 Kupang Timur Kab Kupang, Kontingen Dojo SMP N 1 Kupang Timur Kabupaten Kupang, para simpatisan dan orang tua peserta.

Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay mengajak semua yang hadir untuk bersyukur kepada Tuhan karena atas tuntunan dan penyertaan-Nya kegiatan Kejuaraan Ketua Umum Shokaido NTT 2023 berjalan dengan lancar selama 2 hari. Kegiatan ini juga menurutnya sebagai evaluasi prestasi karateka tingkat usia dini.

“Semoga Kejurda ini bisa mengevaluasi kelemahan-kelemahan yang ada dan semoga dapat diperbaiki sehingga sistem kepelatihan dan latihan bagi para pelatih serta atlet dapat terlaksana dengan optimal,” ungkapnya.

Orang nomor satu di Kota Kupang ini menambahkan kejuaraan ini juga merupakan ajang kompetisi bagi atlet-atlet unggulan setiap daerah. Selain itu, untuk menciptakan atlet berprestasi yang menjunjung tinggi sportivitas, serta untuk memberikan tolak ukur bagi atlet yang sedang berlatih dan untuk mengenalkan serta mengerahkan tentang jenjang karate kepada masyarakat.

Kepada para pemenang, Fahrensy Funay berpesan agar tetap rendah hati dan terus berlatih lebih giat. Bagi yang belum menang dalam kejuaraan ini jangan mudah putus asa sedangkan kepada semua pihak yang terlibat pada kejuaraan ini tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta menjunjung tinggi sportivitas.

Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy Funay berkesempatan menyerahkan penghargaan berupa pengalungan secara simbolis bagi peserta yang menang serta memberikan piala bergilir.

Ketua Panitia Kejuaraan Daerah Piala Ketua Umum Shokaido, Rindu S. Putra Ale menyampaikan tema Kejuaraan Daerah Piala Ketua Umum Shokaido ini adalah “Merajut Persaudaraan Menuju Prestasi Emas.

"Adapun tujuan yang ingin dicapai adalah menggali dan melahirkan karateka-karateka yang tangguh, menjaring atlet-atlet untuk kejuaraan nasional maupun internasional, mempererat tali persaudaraan antar dojo/ranting khususnya di daratan Timor," katanya.

Selain itu kata Rindu Putra Ale, memperluas pandangan atlet-atlet Shokaido khususnya di seluruh daratan Timor, untuk memacu kreatifitas dan kemampuan diri dengan meningkatkan prestasi di bidang olahraga khususnya karate, melestarikan dan mengembangkan olahraga seni bela diri Karate dan melaksanakan program kerja pengurus provinsi Shokaido NTT.

Kejuaraan Daerah Piala Ketua Umum Shokaido NTT 2023 dimulai pada tanggal 24 Agustus 2023 sejak tehnical meeting dan timbang badan, refreshing wasit juri bertempat di gedung arak Tempur Kopasgad Angkatan Udara Penfui.

Kejuaraan sudah berlangsung sejak 25-26 Agustus 2023 bertempat di Gedung Serba Guna KONI. Para juara akan diberikan penghargaan berupa piala bergilir, piala tetap serta uang tunai.

FOLLOW US