• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Tinjau Pasar Kasih, Cek Stok dan Harga Sembako

Semy Andy Pah | Selasa, 14/02/2023 07:40 WIB
Gubernur NTT Tinjau Pasar Kasih, Cek Stok dan Harga Sembako Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat didampingi Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh memantau kestabilan harga kebutuhan bahan pokok dan juga berdialog bersama para pedagang di Pasar Kasih Naikoten, Kota Kupang, Senin (13/2/2023).

KATANTT.COM--Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) memantau kestabilan harga kebutuhan bahan pokok dan juga berdialog bersama para pedagang di Pasar Kasih Naikoten, Kota Kupang, Senin (13/2/2023).

Orang nomor satu di NTT ini tak sendiri namun didampingi Penjabat Walikota Kupang George Hadjoh bersama jajaran Pimpinan Perangkat Daerah dan Forkopimda.

Pada kesempatan tersebut Gubernur NTT VBL berdialog langsung dengan beberapa pedagang bahan pangan, diantaranya pedagang sayuran, ikan maupun daging guna mengetahui kondisi harga yang ada di pasar.

Sejauh pemantauan tersebut adapun kondisi harga pangan di Pasar Inpres Naikoten terpantau stabil seperti harga cabai besar, tempe, telur, daging sapi dan daging ayam.

Gubernur NTT VBL juga merespon dengan baik masukan dari seorang pedagang sapi yang mengungkapkan keresahannya terhadap para pedagang daging liar yang berjualan di pinggir jalan umum.

"Baik nanti kita bersama Penjabat Walikota bersama Pimpinan OPD dan Forkopimda akan rapat bersama untuk membahas terkait penertiban para pedagang tersebut. Kita juga akan menertibkan para pedagang sehingga lebih teratur dan menyelesaikan beberapa persoalan," ungkap VBL.

VBL juga menginstruksikan Penjabat Walikota Kupang, George Hadjoh untuk memperhatikan saluran air agar tidak menimbulkan genangan di saat hujan. Sedangkan terkait kebersihan pasar diminta untuk tetap menjaga kebersihan tidak ada penumpukan sampah yang dapat mengganggu kenyamanan.

Untuk diketahui, peninjauan tersebut juga sebagai wujud menjalankan amanah Presiden Joko Widodo pada Rakornas Kepala Daerah dan Forkopimda tanggal 17 januari 2023 lalu di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor yang membahas terkait Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi.

Dalam Rakornas tersebut, Presiden Joko Widodo meminta kepada para gubernur, bupati serta walikota agar memantau harga barang dan jasa di lapangan dengan sering-sering masuk ke pasar untuk cek harga beras, telur, daging ayam, tomat dan kebutuhan pokok lainnya.

"Ini harus dilakukan untuk mengetahui sejak dini terkait harga bahan pangan untuk dapat mengantisipasi serta mengambil kebijakan dini bila akan terjadi inflasi," kata Jokowi.

FOLLOW US