• Nasional

Kunker ke Timor Leste, Gubernur NTT Bersama Delegasi RI Mantapkan Pembahasan Free Trade Zona

Semy Andy Pah | Senin, 17/10/2022 08:36 WIB
Kunker ke Timor Leste, Gubernur NTT Bersama Delegasi RI Mantapkan Pembahasan Free Trade Zona Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan cinderamata kepada PM Timor Leste, Taur Matan Ruak usai pertemuan antara Delegasi Pemerintah Republik Indonesia dan Delegasi Pemerintah RDTL di Istana Negara Dili (Palacio Governor), Sabtu (15/10/2022).

KATANTT.COM--Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste (RDTL)  melakukan pertemuan memantapkan rencana pembentukan Free Trade Zone di perbatasan Timor Leste dan Indonesia di Kawasan Oekusi-Ambeno. Pertemuan antara Delegasi Pemerintah Republik Indonesia dan Delegasi Pemerintah RDTL berlangsung di Istana Negara Dili (Palacio Governor), Sabtu (15/10/2022).

Delegasi Pemerintah Republik  Indonesia diwakili Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Indonesia (Lembaga Ketahanan Nasional RI), Andi Widjajanto selaku koordinator delegasi Indonesia, Dubes RI untuk Timor-Leste, Okto Dorinus Manik, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat dan pengusaha Indonesia Tommy Winata.

Sedangkan delegasi Pemerintah RDTL di wakili Perdana Menteri Taur Matan Ruak didampingi Menteri Dewan Kepresidenan, Fidélis Manuel Leite Magalhães, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Joaquim Amaral, Menteri Pariwisata, Perdagangan dan Industri, José Lucas do Carmo Silva, Menteri Luar Negeri dan Kerjasama, Adaljiza Albertina Xavier Reis Magno, Presiden Otoritas Rejjaun Administratif Khusus Oekusi-Ambeno (RAEOA), Arsenio Paixão Bano dan Kepala Kabinet Perdana Menteri, Azevedo Lourenço da Costa Marçal.

Pertemuan kedua delegasi tersebut membahas tentang rencanakan pembentukan Free Trade Zone di perbatasan Timor Leste dan Indonesia di Kawasan Oekusi-Ambeno

Andi Widjajanto selaku Koordinator Delegasi Indonesia menyampaikan bahwa delegasi RI merasa terhormat karena Perdana Menteri Timor Leste Taur Matan Ruak bersedia menerima delegasi RI.

"Kami membawa pesan dari Presiden RI, Joko Widodo untuk mempercepat proses Kerjasama di Perbatasan antara Pemerintah Timor Leste dan Indonesia, agar bisa mengarah pada pembentukan Ekonomi Industri Khusus yang mengarah pada perdagangan bebas antara Indonesia dan Timor Leste," jelasnya.

Ia berharap hal ini bisa segera terealisasi sehingga kedua negara bisa meningkatkan kerjasamanya untuk pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan bersama antara kedua negara di Pulau Timor.

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari hasil pertemuan bilateral sebelumnya antara Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo dan Presiden Republik Demokrasi Timor Leste, Dr José Ramos Harta di Jakarta, Indonesia.

FOLLOW US