• Nusa Tenggara Timur

Ketua Komisi III DPR RI Puji Kinerja Kapolda NTT di Depan Kapolri

Imanuel Lodja | Jum'at, 02/10/2020 20:44 WIB
Ketua Komisi III DPR RI Puji Kinerja Kapolda NTT di Depan Kapolri Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif memberikan cinderamata saat silahturahmi dengan Ketua MUI NTT, H. Abdul Kadir Makarim setelah dilantik sebagai orang nomor satu di Polda NTT.


katantt.com--Gebrakan Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur di bawah kepemimpinan Irjen Pol. Lotharia Latif yang rutin melakukan sidak mengecek kesiapan pelayanan di sejumlah Polres dan Polsek mendapat perhatian luas.

Begitu pula melakukan pendekatan dengan ejumlah tokoh agama, tokoh masyarakat dan pimpinan institusi di lingkup Provinsi NTT saat dipercaya menjadi orang nomor satu di Polda NTT.

Apalagi, sidak dilakukan di tengah wabah Covid-19 yang memperketat penerapan protokol kesehatan.

Seperti yang diungkapkan Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery saat memimpin rapat kerja bersama Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis, Jumat (2/10) siang.

Ketua komisi III DPR RI, Herman Hery secara terbuka memuji kepemimpinan Irjen Pol. Lotharia Latif meski baru sebulan lebih menjabat Kapolda NTT.

Herman Hery berterima kasih kepada Kapolri Jenderal polisi Idham Azis yang telah menunjuk Irjen Pol Lotharia Latif sebagai Kapolda NTT yang baru.

"Terima kasih kepada kapolri telah menunjuk kapolda baru contohnya di NTT," ujar Herman Hery.

Ia menilai kalau Kapolri hebat karena telah memilih orang hebat atas kinerja yang ditunjukkan Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif walau baru beberapa bulan menjadi Kapolda.

"Terus terang. Kapolri hebat memilih orang jenderal muda in. Misalnya (Kapolda) NTT baru beberapa hari menjabat di sana sudah melakukan terobosan-terobosan pendekatan dengan pola humanis," tambahnya.

Bahkan mengawali tugasnya, Kapolda NTT langsung menyambangi semua pihak baik tokoh masyarakat, para pimpinan daerah serta melakukan koordiasi dengan Kejaksaan Tinggi NTT.

"(Pendekatan) akan membuat penegakan hukum ke depan menjadi sejuk karena aparat penegak hukum TNI, Polri, Kejaksaan, gubernur dan semua pihak bisa bergandengan tangan," ujar Herman Hery.

Terobosan-terobosan sosial juga dilakukan oleh Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif sejak menjabat sebagai Kapolda NTT.

Sebagai putra daerah dan anggota dewan dari daerah pemilihan (Dapil) NTT-2, Herman Hery berterima kasih kepada Kapolri atas penempatan Irjen Lotharia Latif menjadi Kapolda NTT.

Herman Hery juga memuji kinerja Kapolda Sulawesi Utara yang melakukan program sejuta masker sehingga menjadi contoh yang baik bagi masyarakat.

Herman Hery mengapresiasi semua hal tersebut dan berharap apa yang dilakukan para jenderal muda ini bisa menjadi penyemangat kedepannya.

"Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh kapolda para jenderal muda bisa menjadi penyemangat ke depan," tandas Herman Hery.

Irjen Pol Lotharia Latif resmi menjadi Kapolda NTT menggantikan Irjen Pol Drs Hamidin sejak 4 September 2020 lalu.

Mantan Kakorpolairud Baharkam Mabes Polri ini fokus pada penanganan covid-19 dan pengamanan tahapan Pilkada pada 9 kabupaten di wilayah NTT.

"Kita tetap ingatkan seluruh masyarakat untuk terus menggunakan masker. Kita tingkatkan dan gelorakan serta tumbuhkan kesadaran masyarakat, agar covid-19 bisa segera diatasi," tandas Lotharia Latif beberapa waktu lalu.

Masyarakat diajak untuk memulai kehidupan normal baru dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. "Tetap taat pada protokol kesehatan dan selalu mencuci tangan dan tetap jaga jarak dimanapun berada," tandasnya.

Kapolda juga berjanji melakukan sinkronisasi kebijakan pemerintah pusat di NTT terutama terobosan pariwisata, penguatan ketahanan ekonomi serta memaksimalkan sektor kelautan.

FOLLOW US