• Nusa Tenggara Timur

Sudah 11 Tahun Tapi Australia Belum Bayar Ganti Rugi

Djemi Amnifu | Jum'at, 21/08/2020 17:03 WIB
Sudah 11 Tahun Tapi Australia Belum Bayar Ganti Rugi Ketua Tim Advokasi Rakyat Korban Montara, Ferdi Tanoni (kanan) dan Ketua Antralamor, Haji Mustafa (kiri) dan Mr. Greg Phelps (kedua kiri) saat pertemuan di Kupang beberapa waktu lalu.

kataNTT--Tanggal 21 Agustus 2020 tepat 11 tahun Petaka Tumpahan Minyak Montara di Laut Timor terjadi dan inilah bukti singkat pemerintah Australia dan dan perusahaan PTTEP Australasia yang bertanggung jawab sengaja menutup-nutupinya. Hal ini telah muncul dari kesaksian dan kiriman untuk penyelidikan resmi pada tahun 2009 untuk tumpahan minyak dan gas di lapangan Montara, lepas pantai utara Australia Barat, yang lokasinya lebih dekat ke Pulau Rote Indonesia.

"Kami rakyat Timor Barat dan Nusa Tenggara Timur menuntut Pemerintah Australia untuk segera membayar kompensasinya kepada lebih dari 200.000 rakyat yang telah menderita bahkan sudah banyak yang meninggal," kata Ketua Tim Advokasi Rakyat Korban Montara," Ferdi Tanoni kepada wartawan di Kupang, Jumat (21/8).

Kepada pemerintah Indonesia, Ferdi mendesak agar surat Presiden Joko Widodo yang ditujukan kepada Perdana Menteri Australia Scott Morrison segera diterbitkan.

Menurut Ferdi, ladang Montara bocor, yang berlangsung selama 10 minggu sebelum akhirnya ditutup. Lokasinya di Laut Timor jauh lebih terpencil, sekitar 250 kilometer dari garis pantai yang jarang penduduknya di wilayah Kimberley utara dan sekitar 150 km di tenggara Pulau Pasir (Ashmore Reef).

Namun demikian, kata Ferdi perusahaan PTTEP Australasia dan pemerintah Australia yang terlibat berusaha menyembunyikan skala dan penyebab bencana dari pandangan publik.

Ferdi Tanoni menambahkan tumpahan minyak Montara berlangsung selama 74 hari, dari tanggal 21 Agustus hingga 3 November. Butuh lima upaya untuk menyumbat kebocoran.

Sebelum upaya kelima berhasil, kebakaran selama tiga hari terjadi di anjungan, menyoroti bahaya yang telah ada bagi 65 pekerja yang dievakuasi dari rig ketika kebocoran awalnya meletus.

Selama ledakan tersebut lanjut Ferdi, Martin Ferguson,Menteri Sumber Daya dan Energi dan Menteri Lingkungan Peter Garrett meremehkan ukuran tumpahan dan dampak lingkungan.

"Mereka mengutip perkiraan yang tidak berdasar dari pemilik lapangan, konglomerat Thailand PTTEP (PTT Exploration and Production Public Company Limited), bahwa sekitar 300 hingga 400 barel minyak bocor setiap hari," katanya.

Bukti yang diajukan atas penyelidikan pemerintah kata Ferdi lagi, yang dipimpin mantan pegawai negeri senior David Borthwick, telah mengungkapkan tumpahan sebanyak 3.000-4.000 barel per hari.

"Tumpahan minyak ini diperkirakan telah meluas hingga 90.000 kilometer persegi," ujarnya

Pengajuan oleh Yayasan Konservasi Australia dan kelompok lingkungan lainnya telah menunjukkan kerusakan pada ekosistem lepas pantai dan pesisir yang merupakan rumah bagi beragam spesies ular laut, burung, ikan, penyu, paus, lumba-lumba, dan duyung.

Kerusakan jangka panjang terhadap habitat tropis yang sebelumnya masih alami masih belum diketahui, demikian pula dampaknya pada industri perikanan, mutiara dan pariwisata,tambah Tanoni.

Meskipun tidak ada minyak yang hanyut ke pantai Australia, seperti yang pernah ditakutkan, sebagian minyak mencapai pantai selatan Timor Barat Indonesia.

Terdapat bukti yang terdokumentasi, dalam pengajuan Yayasan Peduli Timor Barat, sebuah LSM Indonesia, tentang bahaya terhadap mata pencaharian dan kesehatan hingga 300.000 orang di masyarakat pesisir, termasuk di pulau Roti dan Sabu.

Pengajuan tersebut jelas Ferdi Tanoni menunjuk pada minyak bersumber dari Montara dan polusi timbal di air laut lokal dan di antara tanaman rumput laut. Tingkat yang terdeteksi dapat menyebabkan keracunan timbal jangka panjang dan masalah kesehatan lainnya.

PTTEP Australasia mengungkapkan bahwa dua kekurangan telah menyebabkan tumpahan,tutup penahan yang hilang dan penyemenan yang salah di dasar sumur.

PTTEP dan Atlas, perusahaan yang dikontrak untuk mengebor sumur, mengakui bahwa mereka mengetahui beberapa minggu sebelum tumpahan bahwa “tutup korosi yang mengandung tekanan 340 mm yang dibutuhkan oleh program pengeboran belum dipasang”.

Saksi yang terlibat dalam pengeboran mengungkapkan bahwa penyemenan tidak dipasang dengan benar pada Maret tahun lalu. Selama enam bulan para eksekutif perusahaan mengetahui bahwa tidak ada uji validasi yang dilakukan.

Dengan kata lain, kedua cacat tersebut sudah diketahui beberapa lama sebelum kecelakaan, namun penambangan tetap berlanjut.

Kesaksian lain menunjukkan kegagalan mendasar oleh otoritas pengatur. Seorang penasihat yang membantu penyelidikan, Andre Berger, mengatakan PTTEP Australasia telah mengajukan permohonan untuk menggunakan tutup korosi tekanan alih-alih sumbat semen sebagai penghalang.

“Persetujuan ini tampaknya telah diberikan tepat dalam waktu 30 menit,” katanya dalam penyelidikan.

Bukti lebih lanjut mengungkapkan bahwa 185.000 liter dispersan kimia yang digunakan untuk memecah tumpahan Montara. Termasuk dua bahan kimia Corexit produksi BP yang diperintahkan Badan Perlindungan Lingkungan AS bulan lalu untuk dihentikan oleh BP di Teluk Meksiko karena toksisitasnya.

The Australian Maritime Safety Authority kemudian menyatakan bahwa 45.000 liter dari Corexit produk yang digunakan, dan mengklaim mereka kurang beracun dari minyak, meskipun mereka dilarang di beberapa bagian Eropa,ungkap Tanoni,

Martin Ferguson mengatakan bahwa kami memiliki "sistem regulasi kelas dunia" dan "operator yang kompeten dan profesional di industri" akan memastikan operasi pengeboran "terbaik dan teraman" di dunia.

Dia memperdebatkan pembentukan regulator tunggal untuk menggantikan tujuh otoritas pemerintah yang bertanggung jawab atas operasi Montara.

Kenyataannya, bukti dari penyelidikan menunjukkan bahwa perusahaan minyak dan gas serta kontraktornya tidak “kompeten dan profesional” dan bahwa pemerintah dan regulator tidak akan menghalangi kewajiban mereka untuk memotong biaya dan memaksimalkan keuntungan.

Faktanya, Martin Ferguson baru-baru ini menegaskan bahwa kecelakaan lebih lanjut tidak dapat dihindari, bahkan dengan regulasi yang “keras” untuk melindungi lingkungan. (*/joy)

FOLLOW US