• Nusa Tenggara Timur

Puluhan Rumah di Naibonat-Kupang Timur Terendam Banjir

Imanuel Lodja | Jum'at, 15/03/2024 07:39 WIB
Puluhan Rumah di Naibonat-Kupang Timur Terendam Banjir Anggota Satlantas Polres Kupang sementara terjun langsung mengatur arus lalu lintas yang melewati ruas Jalan Timor Raya Km 33 di Kelurahan Naibonat Kecamatan Kupang Timur Kabupaten Kupang yang dilanda banjir.

KATANTT.COM--Puluhan rumah di RT 09 dan RT 10/RW 04, Kelurahan Naibonat, Kecamatan Kupang Timur, Kabupaten Kupang, NTT terendam banjir akibat curah hujan yang tinggi selama beberapa hari.

Di depan Okey Mart, Kelurahan Naibonat misalnya, banjir merendam badan jalan dengan ketinggian 50 centimeter dan memenuhi badan jalan sepanjang Jalan Timor Raya di kilometer 33 Kelurahan Naibonat sehingga terjadi kemacetan cukup parah.

Banjir juga merendam 29 rumah warga di RT 09 dan RT 10 Kelurahan Naibonat, Kabupaten Kupang. Sementara di RT 11/RW 05, Kelurahan Naibonat, banjir merendam 20 rumah warga.

Di RT 43/RW 18, banjir merendam 43 unit rumah warga masyarakat. Kondisi yang sama terjadi di RT 44 Kelurahan Naibonat dimana banjir merendam 30 rumah warga.

Sumber terjadinya banjir atau luapan yang menggenangi 29 rumah warga di RT 09 dan RT 10 Kelurahan Naibonat karena ada selokan pembuangan ke Kali (jembatan) Oe Anak dengan ukuran 1 meter dan tersumbat sehingga terjadi banjir luapan dan menggenangi rumah warga dan melewati/menutup jalan Timor Raya Kilometer 33, Kelurahan Naibonat.

Personil yang terlibat dalam Operasi Keselamatan Turangga 2024 dipimpin Kasat Lantas Polres Kupang, Iptu Areni Ekklesia Behhi, SH dan KBO Sat. Lantas Polres Kupang, Iptu Gregorius Fouk melakukan pengamanan di lokasi dan mengurai kemacetan yang cukup parah.

Camat Kupang Timur, Deni Matius Tadoe juga turun memantau lokasi yang terendam banjir. Ia juga menghimbau kepada para pengguna jalan agar selalu berhati-hati dikarenakan banjir yang meluap melawati jalan saat ini sangat deras sehingga bisa terjadi kecelakaan.

Hingga siang hari, banjir mulai surut dan genangan air sudah menurun menjadi 10 centimeter. Situasi lalu lintas pun kembali normal karena kendaraan sudah bisa melintasi Jalan Timor Raya kilometer 33 tersebut.

Dampak cuaca ekstrim juga menyebabkan rumah warga Kelurahan Tarus, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang mengalami kerusakan akibat longsor.

Rumah milik Musa Kase di RT 10, Kelurahan Tarus rusak dan sebagian rumahnya roboh akibat longsor akibat dari curah hujan yang tinggi dalam beberapa waktu lalu menyebabkan tanah yang berada disekitar rumahnya ambruk.

Tidak terdapat korban jiwa, namun korban materi berupa 1 unit rumah mengalami kerusakan berat.

FOLLOW US