• Nusa Tenggara Timur

Motivator Nasional Beri Motivasi Kepada Anggota dan Bhayangkari Ditpolairud Polda NTT

Imanuel Lodja | Selasa, 06/02/2024 16:49 WIB
Motivator Nasional Beri Motivasi Kepada Anggota dan Bhayangkari Ditpolairud Polda NTT Pakar komunikasi dan motivator nasional, Aqua Dwipayana bersama keluarga besar Ditpolairud Polda NTT

KATANTT.COM--Ratusan anggota Polri baik perwira dan anggota serta istri anggota Polri yang tergabung dalam organisasi Bhayangkari dibekali berbagai hal terutama motivasi hidup dan kerja.

Motivasi dan berbagai pesan moral disampaikan Dr Aqua Dwipayana, pakar komunikasi dan motivator nasional dan Kombes Pol Irwan Deffi Nasution, SIK, MH, dalam acara bertajuk `meningkatkan kemampuan komunikasi dan motivasi personel Ditpolairud Polda NTT dalam menghadapi tantangan tugas di wilayah perairan NTT`.

Kegiatan ini digelar di aula Rupatama lantai III Polda NTT, Selasa (6/2/2024). Selain berbagai motivasi dan semangat kerja, juga ditampilkan berbagai cuplikan video menarik yang berisi inspirasi dan motivasi kehidupan. "Menjadi anggota Polri merupakan pekerjaan sangat mulia karena bertugas selama 24 jam," ujarnya.

Ia pun mengajak anggota dan Bhayangkari Ditpolairud Polda NTT harus ikhlas melakukan tugas karena banyak berkat. Anggota Polri juga diingatkan harus bisa memanage diri sendiri. "Jangan pernah mengatakan tidak punya waktu. Tuhan sudah memberi anugerah sehingga kita harus bisa mengatur waktu untuk hal bermanfaat," tandasnya.

Ia juga berpesan agar anggota dan bhayangkari harus rajin berkomunikasi namun jangan dipilah-pilah dan jangan dipilih-pilih. Selain itu, harus menghormati semua orang dan jangan pernah meremehkan orang lain karena di mata Tuhan semua sama. "Yang membedakan hanya moral dan ketaqwaan," ujarnya.

Diingatkan pula agar jangan menyepelekan siapapun. "Sering terjadi kegagalan komunikasi dan kita lupa bahwa semua adalah titipan Tuhan," tandasnya.

Ia meminta kepada anggota dan Bhayangkari Ditpolairud Polda NTT untuk membiasakan diri melaksanakan 3 hal secara konsisten yakni berusaha hati nya bersih. "Jika ada yang berbuat jahat maka langsung maafkan," pesannya.

Selain itu, komunikasi harus baik melalui lisan dan tulisan serta harus selalu berpikir positif. Dr Aqua juga mengajarkan tentang hal bahagia. "Jika mau bahagia maka syukuri apa yang diperoleh serta selalu bersikap ikhlas. Bekerjalah dengan sepenuh hati bukan sepenuh gaji," ungkapnya.

Diingatkan pula kalau rejeki bukan hanya uang tapi kesehatan, teman dan amanah. Juga dalam bekerja agar anggota jangan lupa 4 AS yakni kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja keras dan kerja tuntas.

"Jangan pernah menyimpan sampah dalam hidup kita. Easy going. Jangan pusing dengan sekeliling kita. Sepanjang anda benar, jalan terus," tegas Aqua.

Jangan lelah mengikuti pendidikan demi pengembangan kemampuan diri. Visi dan misi juga harus menjadi roh. Ia menjelaskan kalau Kakor Polair Baharkam Polri menugaskan untuk memberikan motivasi bagi jajaran Polairud di 34 Polda dan Polda NTT merupakan POlda ke 8 yang didatangi.

"Kesan saya sangat mendalam di Polda NTT karena dari 8 Polda yang sudah saya datangi, baru kali ini ada Polda yang melibatkan bhayangkari dan mereka sangat antusias serta memiliki semangat luar biasa mengikuti kegiatan ini dan menjadi jaminan dari kepemimpinan Kombes Pol Irwan Nasution," ujar Aqua.

Ia menyebutkan kalau komunikasi merupakan senjata utama Polri sehingga untuk sukses bertugas maka harus menguasai komunikasi. "Bagaimana berkomunikasi dengan hati dan hati-hati dan jangan pernah berhenti belajar karena motivasi itu penting karena tugas anggota Polri sangat mulia dan harus ikhlas menjalankan tugas," tegasnya.

Ia mengingatkan pula agar anggota Polairud Polda NTT harus ikhlas bertugas serta melibatkan Tuhan. Ia pun mengapresiasi Direktur Polairud Polda NTT, Kombes Irwan Nasution yang sudah memberi semangat bagi anggota karena tugas adalah ibadah.

Sebagai bentuk apresiasi bagi anggota Dit Polairud Polda NTT, Dr Aqua juga menjanjikan hadiah tiket Kupang-Bali PP bagi anggota Ditpolairud dan istri yang merupakan anggota teladan serta akan menginap di hotel bintang 4 selama di Bali.

Apresiasi dengan hadiah dilakukan untuk memotivasi anggota dan Direktur Polairud Polda NTT akan menilai anggotanya yang layak diberikan reward.

Dir Polairud Polda NTT, Kombes Pol Irwan Deffi Nasution juga menyebutkan kalau kegiatan ini merupakan program Kakor Polair bahwa komunikasi dan motivasi penting untuk anggota Polair.

Polda NTT pun merespon dengan baik dan menyiapkan tempat dan personil sebanyak 125 orang mengikuti kegiatan ini. Kegiatan ini sangat penting karena di era kemajuan zaman dan komunikasi yang intensif, materi tersebut bisa menambah wawasan untuk menjaga situasi Kamtibmas wilayah perairan agar lebih baik.

"ini sangat penting terutama dalam menyambut pesta demokrasi maka anggota Polairud Polda NTT perlu diberikan pembelajaran, agar anggota bisa berkomunikasi dengan masyarakat jika terjadi situasi chaos termasuk dalam menghadapi tantangan ke depan.

"Dengan ilmu komunikasi yang ada maka anggota dapat menyampaikan kegiatan trauma healing dan motivasi kepada masyarakat," tandas Direktur Polairud Polda NTT Kombes Pol Irwan Deffi Nasution.

FOLLOW US