• Nusa Tenggara Timur

Kemenhan Beri Penghargaan Patriot Bela Negara Kepada 300 Warga NTT

Semy Andy Pah | Kamis, 03/06/2021 14:40 WIB
Kemenhan Beri Penghargaan Patriot Bela Negara Kepada 300 Warga NTT Staf Ahli Kementerian Pertahanan RI, Mayjen TNI Nugroho menyerahkan secara simbolis piagam penghargaan patriot kepada Bupati Kupang, Korinus Masneno di Civic Center Oelamasi, Kamis (3/6/2021).

katantt.com--Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Potensi Pertahanan memberi piagam penghargaan dan pin bela negara kepada 300 warga Nusa Tenggara Timur.

Penyerahan piagam penghargaan dan pin bela negara diserahkan langsung Staf Ahli Kementerian Pertahanan RI, Mayjen TNI Nugroho di Civic Center Oelamasi, Kamis (3/6/2021).

Piagam penghargaan ini secara simbolis diberikan kepada perwakilan penerima penghargaan, Bupati Kupang, Korinus Masneno dan Sekretaris Daerah Kabupaten Kupang, Obet Laha.

Sementara Direktur Bela Negara Kemenhan RI, Brigjen TNI Dr. Jubei Levianto di Makodim 1604/Kupang, Kamis (3/6/2021).

Pemberian piagam dan pin bela negara bagi masyarakat NTT merupakan salah satu wujud penghargaan negara kepada warga negara Indonesia (WNI).

"Mereka ini yang berjasa dalam usaha menegakkan kedaulatan negara, mempertahankan keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia," tegasnya.

Ia mengharapkan kegiatan ini dapat dijadikan momentun untuk menumbuhkembangkan semangat bela negara bagi semua komponen bangsa.

Mereka adalah WNI yang berjuang mempertahankan Timor-Timur dari tahun 1975 sampai dengan jajak pendapat pada tahun 1999.

"Kesetiaan mereka kepada NKRI diwujudkan dengan memilih untuk tetap tinggal di Indonesia saat referendum pada tahun 1999 yang membuat eks Provinsi Timor-Timur lepas dari Indonesia menjadi negara Timor Leste," ujarnya.

Menurut dia, pemberian penghargaan ini bentuk komitmen pemerintah untuk memberi dan memperhatikan jasa serta perjuangan para pejuang untuk mempertahankan keutuhan dan kedaulatan Bangsa Indonesia.

Atas pertimbangan jasa serta pengorbanan WNI yang telah setia dan berjuang untuk membela dan mempertahankan kedaulatan NKRI, maka Kemenhan RI perlu memberikan sebuah penghargaan berupa piagam patriot bela negara.

 

 

FOLLOW US