• Nusa Tenggara Timur

Gempa Bumi Guncang Pulau Sumba

Imanuel Lodja | Sabtu, 13/03/2021 12:19 WIB
Gempa Bumi Guncang Pulau Sumba Ilustrasi Gempa

katantt.com--Gempa bumi tektonik magnitudo 4,6 kembali terjadi di wilayah NTT.

Kali ini guncangan gempa bumi dirasakan di Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, NTT.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Rahardjo, SP dalam keterangannya menyebutkan kejadian gempa bumi terjadi pada Sabtu, 13 Maret 2021 pukul 09.46.30 Wita.

"Waikabubak (ibukota Kabupaten Sumba Barat) diguncang gempa bumi tektonik," tandasnya.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,6.

Episenter terletak pada koordinat 9,87 LS dan 119,06 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 31 km Tenggara Kodi-Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT pada kedalaman 10 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif.

Hasil mekanisme sumber menunjukan gempa bumi ini mempunyai mekanisme sesar naik dengan kombinasi geser (oblique thrust fault).

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Waikabubak III MMI dan Waingapu II-III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Terasa seakan-akan nada truk berlalu).

Hingga pukul 10.00 Wita, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg," ujarnya.

 

 

FOLLOW US