• Nusa Tenggara Timur

TNI-Polri di Alor Gotong Royong Bangun Ketahanan Pangan

Imanuel Lodja | Kamis, 18/02/2021 22:04 WIB
 TNI-Polri di Alor Gotong Royong Bangun Ketahanan Pangan Anggota TNI dan Polri di Alor bergotong royong menanam padi di sawah saat musim hujan untuk memperkuat ketahanan pangan di desa.

katantt.com--Anggota TNI dan Polri membangun sinergitas dengan masyarakat di Kabupaten Alor dalam ketahanan pangan.

Di Desa Adagain dan Desa Air Mancur, Kecamatan Alor Timur Laut , Kabupaten Alor, NTT, anggota Polri dan TNI ikut membantu mengolah lahan garapan yang biasanya diolah para petani setempat.

Personil TNI-Polri membantu penanaman bibit padi di lahan garapan warga yang luasnya kurang lebih 5 hektar, Rabu (17/2).

Tiga anggota Babinsa, Koptu Fransisko Dac.M, Prada Kris Maniata dan Prada Musa Glen Bauky serta personil Polsek Alor Timur Laut Aipda Mus Mulyadi Tallo turun langsung ke sawah.

Kegiatan tersebut diprogramkan untuk mengingatkan warga setempat agar mengoptimalkan lahan garapan sehingga hasil panen para kelompok tani bisa meningkat.

Juga membantu ketahanan pangan di Kabupaten Alor, terutama dalam situasi pandemi virus corona yang melanda dan belum dapat diprediksi kapan akan berakhir.

Diharapkan dari kegiatan tersebut warga setempat sudah siap menghadapi bilamana terjadi kelangkaan pangan akibat resesi global.

Desa Air Mancur merupakan percontohan Kampung Tangguh di Kecamatan Alor Timur Laut.

Kedepannya desa tersebut bisa menjadi percontohan bagi desa-desa sekitar dengan disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan serta tangguh dalam ketahanan pangan.

Kapolsek Alor Timur Laut Iptu Donny Sare kepada wartawan Rabu (17/2) menyatakan kalau kegiatan yang dilakukan menanam padi bersama di Desa Air Mancur karena desa tersebut ditunjuk oleh Dandim 1622 Alor menjadi kampung tangguh untuk ketahanan pangan.

Selama ini Anggota Polsek Alor Timur Laut senantiasa bersinergi dgn Danposramil bersama dengan para Babinsa memotivasi masyarakat Desa Air Mancur untuk kembali melakukan aktivias di sawah.

Aksi menanam padi bersama warga diakuinya merupakan bentuk himbauan yang langsung dipraktekkan di daerah persawahan.

"Ketahanan pangan merupakan salah satu bagian dari ketangguhan masyarakat selain bidang kesehatan, ekonomi dan keamanan yang merupakan metodologi membentuk sistem sinergitas dalam kampung tangguh," ujar Donny Sare.

 

 

 

FOLLOW US