• Nusa Tenggara Timur

Kapolda NTT Pantau Arus Penumpang Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Tenau

Imanuel Lodja | Kamis, 24/12/2020 18:14 WIB
Kapolda NTT Pantau Arus Penumpang Natal dan Tahun Baru di Pelabuhan Tenau Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif dan Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Johni Asadomajuga memantau pos pengamanan dan berdialog dengan anggota TNI dan Polri yang bertugas di pos pengamanan.

katantt.com--Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif turun langsung memantau kesiapan dan pengamanan penumpang di Pelabuhan Tenau untuk merayakan Natal dan Tahun Baru di kampung halamannya.

Apalagi, H-1 atau pada Kamis (24/12) terjadi lonjakan penumpang di Pelabuhan Tenau Kelurahan Alak, Kota Kupang.

Ribuan penumpang kapal feri cepat tujuan Ba`a, Kabupaten Rote Ndao dan tujuan Kalabahi Kabupaten Alor membludak dan memenuhi Pelabuhan Tenau.

Sesuai data yang ada, biasanya penumpang kapal feri cepat tujuan Alor berkisar 700 hingga 1.000 orang.

Namun pada Kamis (24/12), tercatat ada 4.927 orang penumpang yang menggunakan jasa kapal feri cepat tujuan Kabupaten Alor untuk mudik natal 2020.

Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif didampingi Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Johni Asadoma yang juga Ketua Tim Supervisi Mabes Polri memantau arus penumpang di Pelabuhan Tenau Kupang.

Dua jenderal bintang dua Polri ini memantau proses pembelian tiket dan antrian penumpang yang hendak naik ke kapal feri cepat.

Kapolda NTT, Irjen Pol lotharia Latif dan Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Johni Asadoma juga berdialog dengan penumpang yang hendak berangkat ke Alor.

Kedua jenderal Polri ini menanyakan soal harga tiket dan proses antrian menunggu jadwal keberangkatan.

Kapolda NTT, Irjen Pol lotharia Latif dan Kadiv Hubinter Polri, Irjen Pol Johni Asadomajuga memantau pos pengamanan dan berdialog dengan anggota TNI dan Polri yang bertugas di pos pengamanan.

Kepada petugas di pos pengamanan, Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif menyerahkan bingkisan Natal.

Disela-sela pantauannya, Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif mengaku memantau di pelabuhan untuk melihat pergerakan penumpang bersama Kadiv Hubinter Polri yang melakukan supervisi Mabes Polri.

Secara umum, Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif melihat soal protokol kesehatan yang sudah diterapkan penumpang kapal.

Lotharia Latif tetap memberikan perhatian pada penggunaan masker. Petugas di pos pengamanan tetap menyerukan dan mengingatkan soal protokol kesehatan.

Ia pun memantau kesiapan sarana kapal karena saat ini armada kapal yang sempat dihentikan karena cuaca bisa beroperasi lagi.

"Namun hendaknya utamakan keselamatan penumpang," ujarnya.

Ia berharap Polri, TNI dan perhubungan laut bisa mengawasi orang/penumpang dan alat transportasi karena cuaca yang ekstrim dan perlu diantisipasi.

Kapolda juga berharap mekanisme penumpang harus dijaga.

Selain itu, situasi keamanan dan ketertiban saat puncak mudik kondusif dan diharapkan kondisi ini hingga Tahun Baru 2021.

FOLLOW US