• Nusa Tenggara Timur

Kawal Pilkada, Kapolda NTT Berkantor di Kabupaten Sumba Timur

Imanuel Lodja | Selasa, 08/12/2020 21:05 WIB
Kawal Pilkada, Kapolda NTT Berkantor di Kabupaten Sumba Timur Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif saat meninjau salah satu TPS sebelum melanjutkan meninjau Kantor Bawaslu dan KPU Sumba Timur Selasa (8/12)

katantt.com--Totalitas menjaga keamanan dan kenyamanan warga saat menggunakan hak pilih pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 ditunjukkan Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif.

Sejak Selasa (8/12), Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif memilih berkantor dan nginap di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif memantau persiapan dan pelaksanaan Pilkada bupati dan wakil bupati Kabupaten Sumba Timur.

Menggunakan pesawat Cassa Polri 212 (P-4104), jenderal bintang dua ini terbang ke Kabupaten Sumba Timur bersama rombongan terdiri dari Karo Logistik, Kombes Pol Yayat Jatnika Atkawijaya, Kabid Propam, Kombes Pol Agus Suryoto, Karo SDM, Kombes Pol Wisnu Widarto dan Dansat Brimob Polda NTT, AKBP Ferry Raimound Ukoli.

Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif beserta rombongan didampingi Kapolres Sumba Timur, AKBP Handrio Wicaksono mengecek kesiapan pengamanan dan persiapan tempat serta peralatan pemungutan suara di TPS 17, RT 21, Kelurahan Prailiu, Kecamatan Kambera dan di Kelurahan Matawai, Kabupaten Sumba Timur.

Kepada para petugas KPPS, Lotharia Latif mengingatkan agar menyiapkan fasilitas kepada masyarakat yang memiliki suhu tubuh diatas 37 derajat serta tidak berada didalam tenda pemungutan suara dan dipisahkan di luar tenda.

Anggota KPPS juga disarankan mengunakan baju lengan panjang pada saat pemungutan suara agar lebih waspada terkait penyeberan Covid-19.

"Selalu menjaga kesehatan agar bisa melaksanakan tugas dengan baik," harap Lotharia Latif.

Orang nomor satu di Polda NTT ini juga berkunjung ke kantor Bawaslu Kabupaten Sumba Timur diterima Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Timur, Anwar Engga.

Kunjungan Kapolda Irjen Pol Lotharia Latif juga mendatangi kantor KPU Kabupaten Sumba Timur dan diterima Ketua KPU, Oktavianus Landi.

Di kedua kantor ini, Lotharia Latif memeriksa Personil pengamanan di Pos Pengamanan kantor tersebut.

Kepada penyelenggara Pilkada, Lotharia Latif mengingatkan soal penyediaan fasilitas TPS bagi masyarakat yang akan melakukan pemungutan suara agar dapat dibuatkan tempat yang dipisahkan dari dalam tenda dan diberikan jarak bagi masyarakat yang memiliki suhu tubuh di atas 37 derajat.

Ia menilai, secara keseluruhan kesiapan di tiap TPS yang dikunjungi sudah bagus.

Namun diingatkan soal protokol kesehatan agar tetap di kedepankan karena selain masyarakat, petugas dalam pemungutan suara harus dalam keadaan sehat.

Ketua KPU Kabupaten Sumba Timur, Oktavianus Landi memastikan kalau seluruh logistik Pemilu sudah didistribusi.

KPU juga memusnahkan surat suara yang rusak serta pengecekan dan perubahan terkait penyediaan fasilitas bagi masyarakat yang memiliki suhu di atas 37 derajat.

Sejumlah surat suara rusak kemudian dimusnahkan di halaman kantor KPU Kabupaten Sumba Timur.

Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif masih akan berada di Kabupaten Sumba Timur hingga selesainya proses pemungutan suara dan penghitungan hasil pilkada.

 

FOLLOW US