• Nusa Tenggara Timur

Kapolres Alor Koordinasi dengan BPBD dan BMKG Antisipasi Erupsi Gunung Ile Lewotolok

Imanuel Lodja | Minggu, 29/11/2020 17:52 WIB
Kapolres Alor Koordinasi dengan BPBD dan BMKG Antisipasi Erupsi Gunung Ile Lewotolok Kapolres Alor, AKBP Agustinus Cristmas

katantt.com--Pasca erupsi Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Kapolres Alor AKBP Agustinus Cristmas bergerak cepat dengan berkoodinasi dengan BPBD, BMKG Kabupaten Alor dan Bandara Mali Alor.

Koordinasi orang nomor satu di Polres Alor ini guna memonitor dampak erupsi Gunung Ile Lewotolok yang terjadi, Minggu (29/11).

Hasil koordinasi tersebut yaitu erupsi tidak berdampak ke wilayah Kabupaten Alor yang menjadi tetangga terdekat dari Kabupaten Lembata.

Sesuai hasil koordinasi dengan Kepala Bandara Mali Alor, Suharmaji menjelaskan jika arah angin saat ini bergerak ke arah barat.

Sehingga hasil pantauan BMKG terkait erupsi gunung berapi di Kabupaten Lembata, saat ini tidak berdampak kepada penerbangan dari dan ke kabupaten Alor.

Sebagaimana diketahui bahwa di Kecamatan Pantar Tengah, Kabupaten Alor juga terdapat gunung berapi yaitu Gunung Sirung yang pernah mengalami erupsi pada tahun 2012.

Kapolres Alor, AKBP Agustinus Cristmas pun telah berkoordinasi dengan BPBD Aloryang melaporkan bahwa gunung tersebut saat ini belum terdapat aktivitas yang mengarah kepada terjadinya erupsi.

Polres Alor kata Agustinus Cristmas senantiasa melakukan koordinasi secara intensif dengan BPBD, Basarnas, Dinas Sosial maupun semua komunitas dan potensi masyarakat yang dapat dikerahkan dalam menanggulangi bencana.

Ia menyatakan kesiapan personelnya akan diberangkatkan manakala dibutuhkan sesuai SOP penanggulangan bencana di bawah koordinasi Polda NTT.

Hal ini juga sejalan dengan perintah Kapolda NTT Irjen Pol. Lotharia Latif untuk senantiasa berkoordinasi dengan instansi terkait dan back up Polda bila situasi dan kondisi meningkat.

Dalam kesempatan tersebut Agustinus Cristmas memerintah ke polsek jajaran terutama kepada Kapolsek Pantar Barat untuk selalu memantau aktifitas gunung berapi yang berada di wilayah hukumnya.

Pihaknya juga telah membagi wilayah polsek sesuai zonasi perbantuan kepolisian dalam penanggulangan bencana.

Lebih lanjut lagi Agustinus Cristmas menyampaikan kepada masyarakat Kabupaten Alor untuk tetap tenang serta tidak terpancing dengan info hoax terkait erupsi Gunung Ile Lewotolok di Lembata.

Info hoax tersebut kemudian dikait-kaitkan dengan gunung api yang ada di Kabupaten Alor demi meningkatkan konten media sosial.

Hal tersebut tentunya kata dia, akan menimbulkan keresahan bagi masyarakat di Kabupaten Alor, tetap waspada terhadap segala kemungkinan bencana yang mungkin terjadi salah satunya soal keamanan saat menggunakan sarana transportasi laut.

"Baik pemilik kapal maupun penumpang memperhatikan keselamatan dengan menggunakam life jacket dan penumpang yang tidak melebihi kapasitas," Agustinus Cristmas.

FOLLOW US