• Nusa Tenggara Timur

Komisi III DPR RI Segera Respon Kekurangan Personil Polda NTT

Imanuel Lodja | Senin, 26/10/2020 16:53 WIB
Komisi III DPR RI Segera Respon Kekurangan Personil Polda NTT Ketua komisi III DPR RI, Herman Herry sementara mengisi buku tamu disaksikan anggota Komisi III DPR RI lainnya saat kunker ke Polda NTT.

katantt.com--Komisi III DPR RI prihatin dengan kekurangan personil Polda NTT dan Polres jajaran.

Menjawab keprihatinan ini, Komisi III DPR RI yang merupakan mitra Polri segera mengusulkan tambahan anggaran penambahan personil Polri di Polda NTT di tahun 2021.

Ketua Komisi III DPR RI, Herman Hery dalam pertemuan dengan Kapolda NTT Irjen Pol Drs Lotharia Latif di aula Rupatama lantai III Mapolda NTT, Senin (26/10) kaget dengan paparan Kapolda NTT soal kekurangan personil.

"Ternyata dari total kebutuhan personil Polri, saat ini hanya tercukupi 43 persen di Polda NTT dan ini menjadi perhatian serius," ujar Herman Hery kepada wartawan usai tatap muka.

Herman Hery berjanji membawa persoalan ini ke rapat dengan Kapolri dan pemerintah pusat.

Ia juga berjanji bahwa belanja modal untuk Polda NTT di tahun 2021 akan dinaikkan 100 persen dan segera ada penambahan anggaran untuk penerimaan anggota Polri baru.

Penambahan ini penting karena Polda NTT sudah memiliki 5 Polres baru hasil pemekaran sehingga harus diikuti dengan ketersediaan personil yang memadai.

Dalam pertemuan dengan komisi III DPR RI, Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif menyampaikan soal kekurangan personil Polri terutama di Polres baru.

"Kita baru memiliki 43 persen kebutuhan personil Polri. Saya usulkan kalau bisa ditambah hingga 75 persen dengan merekrut anak-anak daerah terutama bintara pelaksana sehingga kita bisa kembalikan ke wilayah dan daerah asalnya untuk mengabdi dan bisa memahami karakter wilayah masing-masing," tandas Lotharia Latif.

Walau jumlah personil minim namun Kapolda NTT, Lotharia Latif memastikan semua pelaksanaan tugas kepolisian bisa berjalan dengan baik dengan memberdayakan sumber daya yang ada.

"Personil yang terbatas yakni 43 persen dari kebutuhan ideal berupaya melaksanakan tugas keamanan demi memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat," tandas jenderal bintang dua ini.

Ia juga berharap akan ada penambahan personil Polri yang bisa didistribusi ke Polres baru dan mendukung keamanan pariwisata premium di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

 

FOLLOW US