• Nusa Tenggara Timur

Kapolda NTT Silahturahmi Bersama Uskup Agung Kupang

Imanuel Lodja | Senin, 12/10/2020 22:20 WIB
Kapolda NTT Silahturahmi Bersama Uskup Agung Kupang Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif mendapat pengalungan kain tenunan NTT dari Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus turang, Pr, saat berkunjung ke Istana Keuskupan Agung Kupang.

katantt.com--Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur (Kapolda NTT) Irjen Pol Lotharia Latif, terus meningkatkan sinergitas dengan berbagai komponen masyarakat NTT.

Senin (12/10), Kapolda NTT melakukan silaturahmi dengan Uskup Agung Kupang, Mgr Petrus Turang, Pr di Istana Keuskupan Agung Kupang, Kelurahan Kayu Putih Kecamatan Oebobo, Kota Kupang.

Kapolda Irjen Pol.s. Lotharia Latif didampingi Dirbinmas Polda NTT Kombes Pol Taufiq Triatmojo dan Kabid Humas Polda NTT, Kombes Pol Johannes Bangun.

Kunjungan tersebut merupakan ajang silaturahmi dengan para tokoh agama yang ada di wilayah Nusa Tenggara Timur dalam rangka meningkatkan sinergitas dan kerjasama antara Polda NTT dan Keuskupan Agung Kupang.

"Peran Tokoh Agama sangat penting dan memiliki pengaruh signifikan dalam mewujudkan Kamtibmas yang aman dan kondusif di wilayah hukum Polda NTT," ujar Lotharia Latif usai kunjungan.

Dalam Kunjungan tersebut, Kapolda NTT, Lotharia Latif dan Uskup Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang, Pr membahas persoalan kerukunan dan toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin di wilayah Polda NTT serta maraknya pandemi Covid-19 dan penerapan new normal yang telah dilakukan.

Saat ini masyarakat dituntut untuk bisa menerapkan protokol kesehatan Covid-19, mengingat angka penyebaran Covid di wilayah NTT sampai saat ini cenderung meningkat terkonfirmasi positif.

Uskup Agung Petrus Turang menyambut baik kunjungan dari Kapolda NTT serta siap bekerja sama dan mendukung Polda NTT dalam menciptakan kamtibmas di wilayah NTT.

Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif juga bersilaturahmi dengan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi NTT, Wayan Darmawan di Kelurahan Oebobo, Kota Kupang.

Kunjungan silaturahmi dilakukan untuk mempererat hubungan Polda NTT dengan tokoh agama.

Hal ini menjadi penting dalam menjaga situasi kamtibmas di NTT secara umum tetap kondusif dan terjaga. Di sisi lain hubungan lembaga keagamaan dalam merekat persaudaraan sesama umat beragama di NTT sehingga NTT menjadi ikon toleransi antar umat beragama.

Kapolda NTT Lotharia Latif mengajak ketua PHDI NTT untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di daerah ini.

"Peran tokoh agama dalam menghimbau umat yang ada di NTT dapat bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas agar tetap terjaga termasuk upaya Polri dalam memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 yang sementara mewabah", ujar Lotharia Latif.

Ia juga mengapresiasi kehidupan beragama di NTT karena peran serta tokoh/pemuka agama.

"Pengurus PHDI untuk selalu berkoordinasi dan jangan ragu ragu karena Polri selalu siap untuk melayani dan mengayomi masyarakat," ujarnya.

Ketua PHDI NTT, Wayan Darmawan menyampaikan suasana kebatinan kehidupan beragama di NTT selama ini sangat nyaman, hal ini tercermin dengan kondusifitas suasana kamtibmas dalam kehidupan bermasyarakat.

"PHDI mendukung langkah dan upaya Polri dalam melakukan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat terkait wabah Covid-19 yang masih berlangsung dan Umat Hindu Provinsi NTT dalam aktifitas keagamaan selama ini berjalan dengan tetap mempedomani protokol kesehatan Covid-19," tandasnya.

 

 

FOLLOW US