• Nusa Tenggara Timur

Masyarakat NTT Jangan Paranoid Hadapi Wabah Covid-19

Djemi Amnifu | Rabu, 30/09/2020 18:57 WIB
 Masyarakat NTT Jangan Paranoid Hadapi Wabah Covid-19 Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat memberikan sambutan saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Kupang.

katantt.com--Masyarakat Nusa Tenggara Timur jangan memiliki ketakutan yang berlebihan (paranoid) dalam menghadaoi wvah Covid-19. Justru warga NTT harus mentaati protokol kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh di tengah kenaikan jumlah pasien Covid-19.

"Saya minta masyarakat untuk tidak boleh takut berlebihan dengan adanya kecenderungan peningkatan Covid-19. Ketakutan seperti ini (paranoid Red) justru bisa membuat imunitas tubuh menurun. Pemerintah Provinsi terus berupaya keras untuk mengatasi penyebaran Covid-19 ini," kata Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Kupang, Rabu (30/9).

Sebagai pemimpin kata VBL--sapaan karibnya, baik sebagai gubernur, walikota atau bupati harus berada di depan untuk membangun optimisme masyarakat dalam menghadapi wabah Covid-19.

"Saya berterima kasih kepada para dokter dan pemimpin rumah sakit yang telah bekerja luar biasa. Yang sakit (positif Covid-19), kita obati. Kalau yang OTG (Orang Tanpa Gejala), kalau bisa isolasi mandiri di rumah." kata VBL.

Ia menghimbau masyarakat untuk meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi pandemi Covid-19 selain mentaati protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Penting sekali daya tahan tubuh masyarakat harus dibangun. Daya tahan tubuh nomor satu. Pakai masker itu perlu untuk pencegahan. Tapi yang nomor satu adalah meningkatkan imunitas tubuh," kata VBL.

"Saya selalu ajak untuk makan kelor, pohon yang bergizi tinggi untuk tingkatkan imunitas tubuh. Kita di NTT juga punya banyak herbal yang bisa tingkatkan imunitas tubuh,” tambahnya.

Ia menambahkan, kampanye protokol kesehatan yang pertama harus dilakukan adalah meningkatkan imunitas kesehatan dan berolah raga secara teratur serta rutin berjalan di bawah panas terik matahari.

“Kita siapkan jaringan pengamanan sosial dengan baik untuk bangun imun tubuh masyarakat. Kalau kita bermasker dan imum tubuh kita baik, pasti kita bisa lawan virus ini,” jelas VBL.

Dikatakan Gubernur VBL, kemarin, Selasa (29/9), dirinya telah melakukan swab. Hasilnya telah keluar yakni negatif.

“Kemarin, dokter yang lakukan pemeriksaan dan informasikan, pak gubernur, hasil swabnya negatif,” ujarnya.*

Kunker ke Kota Kupang, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan pertemuan bersama Wali Kota Kupang, Jefritson Riwu Kore, Wakil Walikota Kupang, Hermanus Man, Camat, Kepala Puskesmas dan Lurah se-Kota Kupang di Pantai Lasiana.*

 

FOLLOW US