• Nusa Tenggara Timur

Kemenkominfo Bangun Super Wifi di Labuan Bajo

Djemi Amnifu | Kamis, 24/09/2020 21:46 WIB
  Kemenkominfo Bangun Super Wifi di Labuan Bajo Menkominfo, Johnny Plate didampingi Wagub NTT, Josef Nae Soi meninjau salah satu titik lokasi pembangunan fasilitas super wifi di halaman Masjid Nurul Huda Gorontalo di Labuan Bajo, Kamis (24/9).

katantt.com--Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia akan segera membangun fasilitas super wifi di Labuan Bajo ibukota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

"Pembangunan super wifi ini guna membantu masyarakat di Labuan Bajo yang masih kesulitan mengakses informasi melalui jaringan internet," kata Menteri Kominfo, Johnny Plate saat meninjau salah satu titik super wifi di halaman Masjid Nurul Huda Gorontalo di Labuan Bajo, Kamis (24/9).

"Super wifi ini kita harapkan akan mendukung pariwisata super premium disini (Labuan Bajo) yang menjadi bagian penting dalam menunjang pariwisata di NTT," sambung Johnny Plate lagi.

Menurut Johnny, super wiFi yang di bangun di Labuan Bajo sebanyak 23 spot (pilot projek) dan menjadi super wiFi pertama di Indonesia dengan jangkauan radius mencapai 500 meter.

Selain itu kata Johnny, 20 diantaranya sudah aktif dan tiga lagi sementara dalam proses pemasangan. Jika sukses maka akan dibangun di daerah lainnya.

"Yang kita diharapkan super wiFi tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk kepentingan ekonomi, sosial, politik dan pertahanan," ujarnya.

Ia menambahkan meski masih pandemi Covid-19 namun pihaknya terus mendorong akselerasi dan transformasi digital. Hal ini wujud dari bagaimana sektor informasi dan komunikasi yang bertumbuh positif di saat sektor-sektor lain mengalami kontraksi atau pertumbuhannya negatif.

"Di quartel 1 pertumbuhan sektor informasi dan komunikasi yaitu 9,06% dan di quartel ke 2 naik 2 digit jadi 10,88% di saat yang sama hanya ada 1 sektor lainnya yang masih positif yaitu sektor pertanian dengan tantangan yang begitu besar," jelas Johnny lagi.

Wagub NTT, Josef Nae Soi yang mendampingi kunker Menkominfo Johnny Plate di Labuan Bajo mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko widodo (Jokowi) yang begitu konsen membangun Labuan Bajo pasca ditetapkan sebagai destinasi wisata super premium.

"Saya bersama Pak Gubernur menyampaikan terimakasih kepada bapak Presiden RI yang sudah melihat NTT secara komprehensif dengan ditetapkannya Labuan Bajo sebagai destinasi wisata super premium," kata Josef.

Ia juga memberi apresiasi kepada Menkominfo Johnny Plate yang menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan membangun
super wiFi di Labuan Bajo.*

 

 

FOLLOW US