• Nusa Tenggara Timur

Gubernur NTT Larang Warga Manggarai Barat Jual Tanah

Djemi Amnifu | Sabtu, 05/09/2020 17:32 WIB
Gubernur NTT Larang Warga Manggarai Barat Jual Tanah Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat diterima secara adat oleh tokoh adat dan masyarakat dalam kunjungan kerja ke Kabupaten Manggarai Barat, Jumat (4/9).

katantt.com--Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Viktor Bungtilu Laiskodat secara tegas meminta warga Manggarai Barat di ujung barat Pulau Flores jangan menjual tanah. Justru warga Manggarai Barat harus bisa menjadikan tanahnya sebagai aset untuk membuka usaha di tengah perkembangan pariwisata.

“Tanah ini adalah aset berharga milik kita. Saya minta jangan pernah dijual. Cukup disewakan saja kepada orang yang ingin usaha di tanah ibu dan bapak. Biarkan generasi-generasi setelah kita tetap menjadi pewaris atas tanah di daerah ini,” tegas Viktor Bungtilu Laiskodat yang akrab disapa VBL saat bertatap muka dengan masyarakat Manggarai Barat, Jumat (4/9).

Gubernur NTT, VBL melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Manggarai Barat dalam rangka memastikan secara langsung komitmen pembangunan pemerintah terealisasi di lapangan dan kendala-kendala yang dihadapi.

Kunker Gubernur NTT, VBL ini guna meninjau pekerjaan pembangunan ruas jalan provinsi dan melakukan pertemuan bersama semua jenjang pemerintah dan masyarakat di Kecamatan Boleng, Kecamatan Pacar, Kecamatan Kuwus Barat yang didampingi Ketua DPRD Manggarai Barat, Edistasius Endi.

Tanah milik warga kata VBL, bisa dijadikan sebagai temnpat membuka usaha seperti menyediakan rest area bagi para pengunjung baik domestik maupun mancanegara sehingga mereka dapat menikmati keindahan alam di Manggarai Barat dengan nyaman.

Karena itu, VBL mengajak semua elemen untuk serius dalam membangun daerah khususnya Manggarai Barat dengan bekerja tidak hanya dengan tahu tapi juga paham, mesti dimulai dari pemerintah daerah maupun masyarakatnya, jika tidak ingin mengalami ketertinggalan dari daerah-daerah lain.

Ia berharap semua pembangunan, salah satunya infrasruktur jalan seperti yang dirasakan saat ini dapat memajukan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Manggarai Barat.

"Saya harapkan pembangunan infrastuktur ini juga dapat menjadi stimulus bagi pembangunan ekonomi. Saya yakin geliat ekonomi di daerah ini akan maju luar biasa dan dipastikan semua jalan di NTT, paling lambat tahun 2022 sudah selesai dikerjakan," katanya.

Ia juga menyinggung soal permasalahan ketersediaan listrik, air, dan jaringan komunikasi yang masih kurang di Manggarai Barat.

“Kita masih bicara tentang jalan yang rusak, air yang terbatas, listrik yang tidak ada, signal yang tidak ada. Ini adalah kebutuhan yang harus kita penuhi dan kita harus mengejar ketertinggalan ini," tandasnya.

Karena itu, lanjut VBL dengan otoritas yang diberikan masyarakat kepadanya sebagai gubernur maka koordinasi dan kerja lintas sektor terus dilakukan guna memenuhi kebutuhan ini.

Di sela-sela arahannya, VBL juga menyinggung kekayaan sumber daya alam yang sangat besar bagi peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat Manggarai Barat karena memiliki kopi terbaik yang sangat terkenal di tingkat dunia.

“Kita punya perkebunan yang luar biasa, baik itu coklat dan kopi yang merupakan kopi terbaik di dunia, namun kita tidak boleh hanya jual bahan baku saja, tapi kita juga harus mampu sediakan industrinya,” jelas Viktor.

Ia masyarakat Manggarai Barat mesti memiliki jiwa kewirausahaan karena Manggarai Barat merupakan salah satu pariwisata super prioritas yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Dalam menunjang pariwisata di daerah tersebut kata VBL, akan dibuka Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata, sehingga dapat mempersiapkan aspek Sumber Daya Manusia (SDM) agar lebih terampil dan profesional.

“Saya tidak mau bangun SMA disini, tetapi saya akan sediakan SMK Pariwisata agar anak-anak kita mempunyai keterampilan dan keahlian dalam bidang pariwisata,” pungkas VBL.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Edistasius Endi menyampaikan terima kasih atas kunjungan Gubenur NTT VBL beserta rombongan.

"Semoga kunker Gubernur VBL kali ini, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat mendapatkan arahan-arahan yang bisa memotivasi dan membangun sehingga Manggarai Barat semakin maju dan berkembang tidak saja hanya di Labuan Bajo tapi juga di kecamatan-kecamatan lainnya yang berpotensi untuk maju dan berkembang," katanya. (*/joy)

FOLLOW US